Probolinggo Segera Miliki Kantor Imigrasi

2302

Probolinggo (wartabromo.com) – Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Hamonangan Laoly mendukung adanya kantor imigrasi di Probolinggo. Kantor Imigrasi disiapkan bergabung dalam mall pelayanan publik (MPP) milik Pemerintah Kota Probolinggo.

“Kami sangat mendukung apa yang menjadi keinginan Pak Wali, yang tentunya berdasarkan atas kebutuhan masyarakat. Administrasi akan kami siapkan segera, karena seperti di Jakarta, di Sulawesi Utara, (imigrasi) selalu ikut serta dalam mall pelayanan publik,” kata Yasonna saat bertemu Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin.

Ia mengatakan mendukung penuh dan akan mendorong Kota Probolinggo dalam merealisasikan kantor imigrasi yang terintegrasi dalam MPP itu. Sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo, pemerintah harus mendekatkan pelayanan ke masyarakat. Letak Kota Probolinggo yang jauh dari Malang, jelas memungkinkan ada pelayanan Imigrasi di kota mangga tersebut.

Baca Juga :   Probolinggo Punya Kantor Imigrasi

“Dengan adanya mall pelayanan publik dan kantor administrasi Imigrasi ada di dalamnya, bisa melayani daerah yang ada disini sehingga memudahkan masyarakat. Kalau boleh secepatnya, kan sebentar lagi, beberapa bulan lagi ada haji, jadi bisa mempercepat pelayanan paspor dan lain-lain. Apalagi Kota Probolinggo juga sangat dengan dengan tempat wisata,” ujar menteri asal Tapanuli Tengah itu.
Pemkot Probolinggo sudah menyiapkan Gedung Hayam Wuruk di Jalan Basuki Rahmad sebagai MPP. Secara SDM, nanti Kementerian Hukum dan HAM yang akan menyiapkan personil untuk Imigrasi. Kota Probolinggo menyiapkan semua akses yang dibutuhkan (Imigrasi). Yang nantinya akan perkenalkan dalam program kerja 99 hari Wali Kota Probolinggo.

Baca Juga :   Pemkab Probolinggo Target Unit Kerja Imigrasi Berdiri Tahun Ini

“Tentunya ini sesuai dengan visi misi kami, salah satu penjabaran visi ada bidang iklim dan investasi, arah kebijakannya dengan mendirikan mall pelayanan publik. Selain dapat meningkatkan investasi, adanya mall pelayanan publik bisa memberikan akses mudah ke masyarakat saat mengurus perizinan atau administrasi yang dibutuhkan,” jelas Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin.

Usai bertemu dengan Wali Kota da Forkompinda Kota Probolinggo, Menteri Yasonna hari ini, Rabu (27/3/2019) dijadwalkan memberikan kuliah umum di Universitas Nurul Jadia (UNUJA) Paiton, Kabupaten Probolinggo. Usai dari UNUJA, Menteri Yasonna bertolak ke Institut Injil Malang. (fng/saw)