Alun-alun Kota Probolinggo Kumuh

2885

Probolinggo (wartabromo.com) – Pemandangan tak sedap terlihat di Alun-alun Kota Probolinggo. Sampah organik dan non organik berserakan. Kondisi itu dikeluhkan oleh pengunjung yang ingin menghabiskan waktu di sana.

Seperti yang terlihat pada Rabu (3/4/2019) siang. Aneka sampah berserakan, mulai dari daun kering, pembungkus makanan, plastik bekas minuman dan sampah-sampah lainnya. Sampah organik dan non organik ini, jelas mengganggu pemandangan alun-alun.

“Kotor mas, masak banyak sampahnya. Jadinya gak asyik kalau main kesini. Padahal, ini ranah publik yang kebersihannya ditanggung pemerintah,” kata Salsabila Ariani, pengunjung Alun-alun Kota Probolinggo.

Dari pengamatan wartabromo.com, sampah-sampah ini, bertebaran di pinggir alun-alun. Baik sisi barat, timur dan utara. Juga pada saluran pembuangan air. Serta di tengah-tengah alun-alun yang berupa lapangan. Di sana tampak sampah berserakan.

Baca Juga :   Satu Remaja Tewas, Tawuran Terjadi Gara-gara Jahili Cewek

“Saya kira sampah-sampah ini sudah lama tidak dibersihkan. Terutama yang di got atau pinggiran alun-alun. Kelihatan dari sampahnya yang mulai bercampur tanah,” ujar Agus Susanto, pengunjung lainnya.

Parahnya lagi, tidak ada tempat sampah di pingiran tersebut. Tempat sampah portabel malah ditumpuk di tengah alun-alun dekat tiang bendera. Sehingga membuat pengunjung malas membuang sampah, karena jaraknya jauh.

“Ya kalau jauh begitu, siapa yang mau membuangnya kesana. Apalagi panas-panas begini. Seharusnya tempat sampah itu, diletakkan di pinggir dekat pejalan kaki, bukan di tengah alun-alun,” tambah Agus. (saw/saw)