Meroket, Harga Bawang Putih Tembus Rp 45 ribu

466

Pasuruan (wartabromo.com) – Harga komoditas bawang putih meroket hingga mencapai Rp 45 ribu per kilogram. Angka kenaikan ini meningkat dari sebelumnya yakni Rp 30 ribu.

Kenaikan ini dirasakan di Pasar Kebonagung, Kota Pasuruan. Menurut Suprihatin, salah satu pedagang bawang putih kenaikan bawang putih ini baru saja terjadi.

“Baru kemarin siang langsung naik Rp 45 ribu padahal paginya masih normal,” ungkapnya saat ditemui Wartabromo, Jumat (12/4/2019)

Menurut pedagang yang sudah 23 tahun berdagang bawang di Pasar Kebonagung ini, kenaikan disebabkan oleh pasokan bawang dari distributor yang berkurang.

Kenaikan harga komoditas bawang tak hanya terjadi pada jenis bawang putih saja. Bawang merah dan tomat juga mengalami perlonjakan harga.

Diketahui, harga bawang merah saat ini mencapai Rp 40 ribu. Mengalami kenaikan sejak sepekan kemarin yang awalnya seharga Rp 30 ribu. Sementara harga tomat mencapai Rp 20 ribu dari harga normal sebesar Rp 16 ribu.

“Kalau bawang merah sudah semingguan tapi naiknya bertahap,” pungkas Suprihatin.

Ia pun berharap agar pemerintah dapat segera mengambil kebijakan agar kenaikan harga tidak sampai terjadi berkelanjutan.

Hal senada juga disampaikan Sulikha. Pedagang ini mengaku keuntungannya berkurang sejak kenaikan harga bawang putih terjadi.

“Sejak siang kemarin sepi, sekarang juga begitu,” keluhnya.(ptr/may)