Bawaslu Kabupaten Probolinggo Panen Ribuan APK-BK

0
229

Probolinggo (wartabromo.com) – Kesadaran Parpol dan Caleg peserta Pemilu 2019 untuk menurunkan Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK) di masa tenang, masih rendah. Buktinya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Probolinggo panen ribuan APK-BK di 24 Kecamatan.

Di hari pertama masa tenang, setidaknya ada 4.800 APK-BK yang dicopot petugas Bawaslu. Di setiap kecamatan, Pengawas Kecamatan (Panwascam) ditargetkan mencopot minimal 200 APK-BK dalam sehari. APK-BK yang sudah diturunkan tidak dibawa ke Kantor Bawaslu Kabupaten Probolinggo.

“Yang diturunkan oleh Panwascam terlebih dahulu disimpan di kantor panwascam masing-masing. Kita simpan dulu, baru selepas Pemilu kita berikan kesempatan bagi yang ingin ambil APK-BK ini. Setelah itu kalau memang tidak ingin diambil, maka kita akan musnahkan,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo, Fathul Qorib.

Qorib menjamin APK-BK ini, sudah bersih sebelum H-1 pencoblosan. Sehingga warga sudah tidak melihat adanya APK-BK bertebaran. Baik yang berada di jalan kecamatan, jalan desa maupun yang di pekarangan atau rumah warga.

“Kami jamin bersih. Maka dari itu, di hari tenang ini dan seterusnya, kami juga bekerjasama dengan para caleg untuk ikut serta dalam pencopotan APK-BK,” tutur pria berkacamata ini. (cho/saw)