Caleg Gerindra Diamankan Gakkumdu Probolinggo

3816

Probolinggo (wartabromo.com) – Gakkumdu Kabupaten Probolinggo mengamankan salah satu caleg DPR RI asal Partai Gerindra di Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan, Selasa (16/4/2019). Caleg ini, diduga akan melakukan politik uang (Money Politics) di Dapil Jatim II (Pasuruan-Probolinggo).

Caleg yang diamankan itu adalah MR, nomor urut 7 Dapil Jatim II. Dari dalam mobil pria muda ini, diamankan uang sekitar Rp40 juta. Selain itu bahan kampanye seperti stiker, alat peraga kampanye caleg dan Capres-Cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi.

“Kita masih cek gakkumdu bersama Bawaslu,” kata Kapolres Probolinggo AKBP. Eddwi Kurniyanto saat ditemui di Mapolres.

Menurut komisioner Bawaslu Kabupaten Probolinggo, Zaini Gunawan, caleg tersebut diamankan sekitar pukul 14.30 WIB di depan Bank Jatim Kraksaan.

“Memang ada OTT istilahnya. Ya dia diamankan. Tapi belum bisa menyimpulkan itu money politik. Karena itu, ia dibawa ke Mapolres,” terangnya.

Saat ini, Gakkumdu tengah memintai keterangan dari caleg tersebut. Sebab, APK, kaos dan uang yang ada di dalam mobil belum dibagi-bagikan kepada konstituen. Namun, terindikasi uang puluhan juta itu akan dibagi-bagikan kepada masyarakat untuk memilih si caleg maupun Capres-Cawapres yang diusung partainya.

“Belum, belum bagi-bagi uang. Uang yang diamankan masih gepokan, bukan di dalam amplop. Karena itu, hari ini akan kami klarifikasi di kantor Bawaslu. Sudah tidak di Polres, tapi digeser ke Bawaslu. Yang diamankan ini, calegnya sendiri bukan timses,” kata pria yang membidangi Divisi SDM ini. (saw/saw)