Ini Penjelasan KPPS Soal Kabar 1 Pemilih Dapat Surat Suara Ganda di Kedopok

0
697

Probolinggo (wartabromo.com) – Beredar kabar, salah satu pemilih di TPS 03 yang berada di Kelurahan Kedopok, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo mendapat surat suara ganda. Hal ini menyebabkan proses pemungutan suara dihentikan.

Pada postingan Twitter atas nama Nina Noichil disebutkan, salah satu DPT mendapat 6 lembar surat suara. 1 surat suara Capres-Cawapres ganda.

Ada 1 pemilih yang ternyata diberi 6 lembar surat suara (surat suara untuk Capres-Cawapres dobel). Ketahuannya pas mau dimasukin surat suara yang telah dicoblos ke kotak suara. KPPS memutuskan menghentikan pemilihan dan akan membuka kotak suara untuk menghitung ketidak cocokan surat suara,” sebut tulisan yang ada di twitter tersebut.

Namun setelah dikonfirmasi ke pihak TPS 03 Kedopok, Achmad Harianto (35), Ketua KPPS membantahnya. Achmad menjelaskan, salah seorang laki-laki pada pukul 09.00 WIB mendapatkan dua surat suara.

“iya benar, cuma itu kesalahan, bukan disengaja. Ada surat suara yang tak sengaja dobel di surat suara Capres-Cawapres,” ungkapnya.

Namun, Achmad menegaskan setelah mengetahuinya, surat suara itu tidak sampai dicoblos, pun juga tidak sampai dimasukkan ke kotak suara.

Sekedar diketahui, pada TPS 03, RT/RW 03/01, Kelurahan Kedopok ada 239 DPT. Disusul dengan 4 daftar pemilih khusus. Dari jumlah itu, 244 menggunakan hak pilihnya. (fng/may)