Kapolres Probolinggo Perintahkan Tembak Pelaku Rusuh

19585

Probolinggo (wartabromo.com) – Kapolres Probolinggo AKBP. Eddwi Kurniyanto memerintahkan anggotanya untuk menembak pelaku kerusuhan Pemilu. Sementara untuk mengantisipasi kerusuhan, Polres menyiagakan pasukan bersenjata lengkap di semua kantor PPK.

Perintah tembak langsung itu, ditegaskan kapolres saat meninjau kantor PPK Kraksaan, Sabtu (20/4/2019).

“Kita benar-benar menyiapkan pengamanan ketat disini. Personel sudah kita persenjatai dan sesuai SOP. Apabila ada orang-orang tertentu pihak tidak dikenal yang berusaha menyerang ataupun mengganggu stabilitas keamanan PPK atau kotak suara, kita akan siap dan tegas menindak langsung. Dan tidak segan-segan menembak langsung,” tegasnya.

Di 21 kecamatan atau PPK yang berada dibawah yuridiksi hukumnya, kapolres telah menyiagakan 210 pasukan bersenjata lengkap atau 10 per PPK. Pasukan bersenjata ini dibantu oleh 105 anggota Kodim 0820 atau 5 per PPK. Serta 84 personel Satpol PP atau 4 per PPK. Dengan begitu, ada 19 pasukan gabungan yang menjaga setiap kantor PPK.

“Kita pertaruhkan jiwa raga dan nyawa untuk mempertahankan keamanan dokumen kotak suara dan surat suara, yang merupakn dokumen negara. Serta memberikan jaminan keamanan kepada seluruh masyarakat. Karena hal ini adalah untuk kemajuan masa depan kita semua dan negeri tercinta ini,” kata AKBP. Eddwi.

Selain menebalkan pengamanan di kantor PPK, aparat keamanan juga menjaga kantor KPU Kabupaten Probolinggo. Serta melakukan patroli berkala di wilayah hukum Polres Probolinggo.

“Kami juga menyiagakan tim khusus. Tim ini sifatnya mobile, setiap saat bergerak cepat ketika ada indikasi atau potensi gangguan keamanan,” tandas mantan Kabag Ops Polrestabes Surabaya ini.

Pengamanan pada gudang tempat penyimpanan kotak dan surat suarapun dilakukan dengan cara berlapis. Yakni dengan menggunakan kunci 3 lapis. Setiap kunci, pegang oleh PPK, PANWAS dan POLRI. Pada lokasi gudang pun dilengkapi dengan beberapa kamera pengawas CCTV. (saw/saw)