Banyak Penyelenggara Pemilu Meninggal, Bupati Pasuruan Bangun Posko Kesehatan

3146

Pasuruan (wartabromo.com) – Banyaknya para petugas penyelenggara pemilu yang kelelahan bahkan meninggal dunia saat menjalankan tugasnya di berbagai daerah di Indonesia membuat Pemerintah Kabupaten Pasuruan turun tangan.

Melalui Dinas Kesehatan setempat, Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf memerintahkan agar para penyelenggara pemilu terutama di tingkat kelurahan dan kecamatan mendapatkan pemeriksaan kesehatan.

Pemerintah melalui Dinas Kesehatan mendirikan posko di tiap – tiap kecamatan.

“Dinas kesehatan kami minta untuk membuat posko di setiap kecamatan. Tujuannya agar para petugas pemilu bisa melakukan cek up kesehatan mereka, ” ujarnya kepada wartabromo.com, Senin (22/4/2019).

Inisiatif pemerintah daerah ini pun disambut baik oleh para penyelenggara pemilu dengan melakukan pemeriksaan kesehatan di masing – masing posko.

Untuk diketahui, pihak penyelenggara pemilu saat ini sedang melakukan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan. Banyaknya surat suara yang harus dihitung dengan durasi yang cukup lama kerap membuat petugas penyelenggara pemilu kelelahan kondisi ini terkadang membahayakan terutama bagi yang rentan penyakit.

Berdasarkan data yang dihimpun dari berbagai sumber, tercatat 12 orang penyelenggara pemilu di Jawa Barat meninggal dunia, di Jawa Timur sebanyak 9 orang meninggal dunia sementara di Jawa Tengah diperkirakan sebanyak 8 orang meninggal dunia. (yog/yog)