Jokowi Minta Usulan Pemindahan Ibukota, Dimana Ya?

1190

Jakarta (wartabromo.com) – Presiden Joko Widodo meminta usulan wilayah yang ditempatkan sebagai Ibu Kota Indonesia kepada warga net. Pemindahan Ibu Kota ini menurutnya karena DKI Jakarta telah memikul bebab terlalu banyak.

“DKI Jakarta saat ini memikul dua beban sekaligus: sebagai pusat pemerintahan dan layanan publik, juga pusat bisnis. Apakah di masa depan kota ini masih mampu memikul beban itu?,” tanyanya kepada warganet melalui Instagram, Selasa (30/4/2019).

Jokowi pun mencontohkan beberapa negara yang telah melakukan pemindahan Ibu kota. Diantaranya, Malaysia, Korea Selatan, Brasil, dan Kazakhstan.

“Di Indonesia, gagasan memindahkan ibu kota juga sudah muncul sejak era Presiden Soekarno, dan selalu menjadi wacana di setiap era presiden, tidak pernah diputuskan dan dijalankan secara terencana dan matang,” lanjutnya.

Ia pun telah menggelar rapat soal pemindahan ibu kota negara ini. Diantaranya membahas mengenai manfaat jangka pendek dan jangka panjang. Apalagi, pemindahan ibu kota ini membutuhkan waktu yang cukup lama dengan biaya besar. Termasuk mengenai pemilihan lokasi yang tepat hingga infrastruktur pendukung.

“Menurut Anda, di mana sebaiknya ibu kota negara Indonesia ditempatkan dan apa pertimbangannya?,” pungkas Jokowi.

Menurut bolo harus dipindah dimana nih ibu kotanya? (may/ono)