Kuasai Jatim 2, Lima Partai ini Hantarkan Wakilnya ke Senayan

26677
Grafik perolehan suara partai politik untuk DPR RI di Dapil Jatim 2. (Sumber: Partai Golkar)

Pasuruan (wartabromo.com) – Lima partai besar kuasai perolehan suara di Daerah Pemilihan Jawa Timur (Dapil Jatim) 2. Partai-partai ini sukses hantarkan wakilnya ke gedung DPR RI di Senayan Jakarta.

Berdasarkan hasil penghitungan suara versi data internal Partai Golkar, dari 16 partai politik peserta pemilu, kelima partai itu adalah PKB, NasDem, PDIP, Golkar dan Gerindra.

Partai-partai tersebut meraup suara cukup banyak di Kota/Kabupaten Pasuruan dan Kota/Kabupaten Probolinggo atau Dapil Jatim 2, sehingga mampu bersaing merebut 7 kuota kursi DPR RI ini.

Perolehan suara tertinggi nampaknya tetap dikuasai PKB. Di Dapil Jatim 2 Partai berlogo bola dunia ini mendulang suara hingga 321.048. Disusul Nasdem yang memperoleh 318.104 suara. PDIP, 274.165. Golkar, 207.879. Partai besar terakhir yakni Gerindra mendapatkan 164.237 suara.

Dari lima Parpol yang mendulang suara tertinggi itu, PKB dan Nasdem diperkirakan memperoleh masing-masing dua kursi DPR RI.

Berdasarkan itu pula, jatah 7 kursi di DPR RI dipastikan bakal terisi oleh sejumlah nama-nama besar.

PKB misalnya. Dengan suara yang berhasil diperoleh, partai hijau ini akan mengirimkan 2 nama calegnya yang juga mendapatkan suara tinggi. Dua nama tersebut yakni Faisol Riza (82.553 suara) dan Anisah Syakur (62.049).

Dari Nasdem, Hasan Aminuddin memperoleh 196.886 suara dan Aminurrokhman 26.464. Dengan bekal suara itu, keduanya dipastikan bakal melenggang ke Senayan.

Berbeda dengan PKB dan Nasdem, PDIP, Golkar dan Gerindra hanya mampu mendapatkan jatah satu kursi DPR pusat.

PDIP mengantarkan calegnya yang bernama Mufti A.N Anam dengan perolehan suara 95.625. Sementara Golkar mengantarkan Mukhammad Misbakhun yang berhasil meraup 113.357 suara. Moekhlas Sidik dari Gerindra mendapatkan 41.581, juga tak ketinggalan melenggang ke Senayan.

Penentuan perolehan kursi Parpol di Dapil Jatim 2 ini, dilakukan dengan mekanisme sistem Sainte League. Penghitungan ini masih bersifat sementara dan bisa saja berubah. (ptr/ono)