Pasca Pemilu 2019, Forkopimda Kota Probolinggo Baikan

786

Probolinggo (wartabromo.com) – Pasca pemilu 2019 kondisi politik maupun masyarakat masih menghangat. Sebagai antisipasi, Forkopimda Kota Probolinggo baikan. Alias deklarasi damai, pasca pemilu 2019.

Hal ini sebagai salah satu upaya untuk meredam gejolak horizontal. Deklarasi damai itu dilakukan di depan monumen Pancasila, Alun-alun Kota Probolinggo. Sebagai wujud implementasi dari Bhineka Tunggal Ika, atau berbeda-beda namun tetap satu jua. Peserta deklarasi, seluruh caleg yang maju dalam pileg DPRD Kota Probolinggo, forum kerukunan umat beragama (FKUB), Ormas, Bawaslu dan KPU. Serta jajaran Pemkot Probolinggo, Kodim 0820 Probolinggo dan Polresta Probolinggo.

“Bersama tokoh agama, tokoh masyarakat dan tim cyber troop, kami menghimbau pada masyarakat. Untuk tidak terlibat dalam tindakan yang mampu memecah belah kesatuan bangsa kita. Kami arahkan agar lebih memilih kegiatan yang bermanfaat untuk umat. Tapi tidak untuk memecah belah persatuan,” kata Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal, Rabu (1/5/2019) sore.

Ada beberapa point penting, yang diucapkan saat deklarasi. Diantaranya bersama menjalin kerjasama dan gotong royong dalam pembangunan SDM. Bersama menghormati perbedaan dan keberagaman. Yang merupakan bentuk anugrah Tuhan YME. Senantiasa mengobarkan semangat bhineka tunggal ika.

Menolak segala bentuk hoaks, hatespeech dan provokasi. Serta mengajak masyarakat untuk menerima dan menghormati hasil pemilu 2019. Demi tercapainya Kota Probolinggo yang aman dan kondusif.

Langkah ini juga merupakan salah satu upaya, untuk meredam gejolak yang terjadi secara horizontal di masyarakat. Terutama untuk menepis isu pergerakan people power. Yang mencuat pasca pilpres 2019. Selain itu, deklarasi juga bertujuan untuk menyatukan kembali para caleg yang berebut kursi DPRD Kota Probolinggo.

Walikota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin menyebut, agar para caleg kembali bersatu. Baik yang lolos dan terpilih maupun yang tidak. Persatuan itu, untuk menunjang pembangunan Kota Probolinggo ke arah yang lebih baik lagi, di masa depan. (lai/saw)