Kontes Karya Jurnalistik dan Kartun Merdeka Berhadiah Jutaan Rupiah, Ikutan Yuk!

0
785

Surabaya (wartabromo.com) – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur hadirkan kontes karya jurnalistik dan Kartun. Kedua lomba ini pun banjir hadiah yang menarik.

Dalam rangka hari jadi ke-2 AMSI Jawa Timur, rangkaian kegiatan pun digelar. Diantaranya Kontes Karya Jurnalistik dengan tema “Good Journalism versus Hoax” dan Kontes Kartun ‘Merdeka Tanpa Hoax’.

“Dalam peringatan hari ulang tahun AMSI ini kami ingin melibatkan banyak pihak, khususnya pegiat pers kampus online dan kartunis Indonesia,” ujar Arief Rahman, Ketua AMSI Jawa Timur.

Untuk kontes karya Junalistik, hanya terbuka untuk Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) di seluruh Indonesia. Sementara untuk kartun merdeka tanpa hoax, dibuka untuk seluruh peserta umum.

Kegiatan ini dibuka sejak 18 April – 18 Mei 2019. Sampai saat ini, antusiasme peserta cukup tinggi dari berbagai wilayah. Mulai dari wilayah Jawa Timur hingga Medan.

Untuk kategori kartun, berbagai nama kartunis terkenal mulai membanjiri data peserta lomba AMSI.

“Karya mereka (kartunis, red) sudah banyak dikenal di media massa di Indonesia. Kontes kartun juga tak membatasi peserta dari sisi teknis. Mau kartun manual, digital, warna, hitam putih, bebas,” katanya.

Untuk Kontes Karya Jurnalistik Pers Kampus Online, AMSI Jatim menyiapkan hadiah untuk tiga pemenang, masing-masing hosting dan domain, baik registrasi maupun perpanjangan, untuk penggunaan selama tiga tahun. Sementara Kontes Kartun Anti Hoax berhadiah jutaan rupiah.

Penyerahan hadiah akan diadakan pada puncak peringatan HUT AMSI sekaligus pembukaan Rakerwil AMSI Jawa Timur, yaitu Seminar ‘Media Siber : Good Journalism vs Hoax di Era Post-Truth’, yang rencananya akan diadakan di Surabaya. Seminar akan menghadirkan nara sumber di antaranya Sapto Anggoro (Pemimpin Redaksi tirto.id), Wenseslaut Manggut (Ketua AMSI Pusat), Dwi Eko Lokononto (Pimpinan Redaksi beritajatim.com), dan Prof. Dr. Ir. Muhammad Nuh, DEA dari Dewan Pers. (may/**)