Segarnya Buka Puasa dengan Es Blahwir, Coba Yuk!

1207

Pasuruan (wartabromo.com) – Menenggak segarnya es di kala berbuka puasa memang menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Di Pasuruan, ada alternatif berbuka yang cocok diminum saat berbuka, Es Blahwir namanya.

Chef Gunawan, chef Pazz Garden Resto Pasuruan yang meracik minuman segar ini memberikan rekomendasi menu berbuka yang manis dan segar. Ia menamai minuman segar ini, Es Blahwir, yang merupakan kepanjangan dari Blewah Suwir.

Blewah memang merupakan buah khas Ramadan. Buah dengan warna kuning keorenan serta kaya kandungan air ini sangat cocok untuk disantap saat berbuka karena ampuh menghilangkan dahaga.

“Menu berbuka atau takjil ini kita buat dari blewah, bahan yang sangat mudah ditemui saat Ramadan,” ungkap Chef Gunawan.

Baca Juga :   Pemkot Probolinggo Izinkan Salat Idul Fitri di Masjid

Es Blahwir ini, menurut Chef Guna sangat mudah dan tidak memerlukan waktu lama untuk disajikan. Agar menambah kesegaran rasanya, chef satu ini mengkombinasikannya dengan soda manis.

“Kita kombinasikan antara buah blewah dengan soda, untuk menambah kesegaran rasanya,” imbuhnya.

Ia pun mempraktikannya dalam program Dapur Ramadan yang dipersembahkan WartaBromo. Tonton di sini

Untuk bahan-bahannya, Chef Guna menyiapkan blewah, soda, sirup leci, nata de coco, kayu manis serta es batu.

Pertama, sirup leci dituang ke dalam gelas saji, untuk ukurannya bisa sesuai selera. Kedua, barulah masukkan es batu. Kemudian disusul nata de coco dan blewah suwir. Semua bahan yang sudah dimasukkan ke dalam gelas lalu diguyur dengan soda.

Baca Juga :   Trik Cerdas Memilih Baju Sesuai Postur Tubuh

Untuk memunculkan aroma dan rasa yang khas, Chef Guna menambahkan air seduhan kayu manis. Menurutnya, kayu manis yang direbus bersama gula akan menambah aroma segar dan rasanya pun semakin unik.

“Kayu manis direbus dulu dengan gula. Ini yang akan memunculkan rasa dan aroma yang khas,” paparnya.

Sentuhan terakhir, ia memberi kucuran jeruk nipis agar rasanya lebih nendang.

Ehmm.. Bolo perlu mencobanya nih. (ptr/ono)