Puasa Bikin Sehat, Ini Kuncinya!

753

Pasuruan (Wartabromo.com) – Berpuasa bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Lalu bagaimana cara supaya puasa lancar dan menyehatkan? Intip triknya yuk!

Dilansir dari channel youtube Clarin Hayes, dokter muda ini memberikan tips penting supaya puasa tetap lancar dan sehat. Beberapa triknya diantaranya :

  1. Konsumsi sayur dan buah saat sahur

Buah dan sayur mengandung serat yang tinggi, sehingga bisa bertahan lama di perut. Porsinya lebih banyak dari karbohidrat. Karena karbo cenderung lama untuk dicerna di perut.

Selain itu, makanlah dengan porsi yang pas di perut, tidak terlalu kenyang. Karena jika perut dalam keadaan kenyang, maka perut bekerja lebih keras. Akibatnya aliran darah ke otak berkurang, dan beralih ke usus, sehingga menyebabkan mudah ngantuk.

Studi lain mengatakan, bahwa jika makan terlalu banyak, maka akan menguras enzim. Nah, cara tubuh mengembalikan pasokan enzim ini dengan tidur, sehingga membuat tubuh mudah mengantuk.

  1. Minum dengan takaran yang cukup

Puasa menahan lapar dan haus selain hawa nafsu. Nah, untuk menghindari dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh, yakni dengan memenuhi pasokan air. Menurut ahli kesehatan, tubuh manis membutuhkan 8 gelas air dalam sehari.

Rumus mudahnya yakni dengan minum 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa, lalu 2 gelas lagi saat akan tidur.

  1. Tetap beraktivitas sepanjang hari

Puasa jangan dijadikan sebagai masa untuk bermalas-malasan. Dalam jurnal kesehatan disebutkan, bahwa puasa membuat tekanan darah akan turun. Melalui beberapa proses

Jika puasa, tekanan darah akan turun, kondisi ini membuat tubuh merangsang reflek simplato adrenal. Efeknya, perasaan jadi berdebar atau waspada. Inilah yang bisa membuat tubuh lebih siaga dan segar.

  1. Olahraga ringan-sedang

Meski sedang berpuasa, berolahraga harus tetap rutin dilakukan. Tidak perlu olahraga yang berat. Namun ringan-ringan saja selama beberapa menit.

Waktu yang baik untuk melakukan olahraga yakni 1-1,5 jam sebelum berbuka puasa. Hal tersebut karena tubuh harus menerima pasokan air/cairan dalam waktu tersebut. Sehingga jam berbuka puasa lah yang jadi jawabannya.

  1. Tidak berlebihan saat berbuka puasa

Meski sangat lapar, namun baiknya bertahap saat melakukan buka puasa. Beberapa tahapan diantaranya bisa minum air putih sebanyak 2 gelas, dianjutkan air hangat. Karena jika air dingin, tubuh memerlukan waktu ekstra untuk penyerapannya.

Lalu dilanjutkan makan makanan yang mengandung gula alami. Seperti kurma. Hindari snack terlalu manis dari bahan gula sintetis, termasuk.

  1. Hindari makanan dan minuman berikut ini.

Hindari makanan berlemak termasuk gorengan yang berlebihan. Hal tersebut karena membuat tubuh susah mencernanya. Bukan hanya itu, makanan dengan kadar asam tinggi dan pedas, sebaiknya juga dihindari. Hal tersebut karena bisa meningkatkan asam dalam lambung sehingga bisa menyebabkan perih, mual.

Lalu untuk minuman, hindari minum soda saat berbuka puasa. Soda bisa menyebabkan lambung yang kosong iritas. Gas karbon juga bisa membuat lambung tidak nyaman.

Selamat mencoba, Bolo! (may/ono)