Perbaikan Jalur Pantura Probolinggo Dikebut

0
752

Probolinggo (wartabromo.com) – Sejak akhir 2018 lalu kapasitas jalan pantura jalur Probolinggo–Situbondo, coba ditingkatkan. Proses pembangunan masih berlangsung dan jalan nasional ini ditargetkan bisa digunakan untuk mudik pada H-10 lebaran.

Perbaikan pada jalan utama termasuk wilayah Kabupaten Probolinggo ini ada di 5 titik. Di antaranya ruas Desa Curah Sawo; ruas Desa Gending; dan ruas Desa Bulang, Kecamatan Gending. Kemudian juga berada di sisi timur Probolinggo, mulai ruas Desa Sumberrejo, Kecamatan Paiton dan ruas Desa Kebonagung, Kecamatan Kraksaan. Sekadar catatan, ruas Kebonagung, peningkatan kapasitas itu dilakukan dengan rigid beton.

Di ruas Desa Curahsawo, kondisi jalan yang sebelumnya bergelombang dan sangat membahayakan pengendara, diratakan. Kemudian di atasnya dilapisi rigid beton. Selain itu, lebar jalan yang semula hanya 7 meter, diperlebar menjadi 11 meter. Adapun jalur yang diperbaiki untuk ruas Gending ini sepanjang 3,4 kilometer.

“Pelebaran dan perbaikan jalan ini, diharapkan mampu menampung peningkatan volume kendaraan. Perbaikan jalur pantura juga dilakukan di ruas kraksaan, berupa overlay aspal,” kata Site Operation Manager PT. Adipraya Gala Karya, Supandi, Kamis (16/5/2019).

Pihak pelaksana proyek menargetkan, pada H-10 lebaran 2019 jalur yang diperbaiki sudah bisa dibuka dan digunakan. Sehingga saat mudik lebaran 2019, pengguna jalan di ruas Gending ini bisa menikmati jalur rigid beton seluas 11 meter. “Saat ini progresnya masih 55 persen, tapi kami pastikan H-10 sudah bisa dibuka. Sesuai dengan edaran pemerintah, saat itu kami sudah tidak boleh bekerja di badan jalan,” kata Supandi.

Sementara itu, Satlantas Polres Probolinggo menghimbau, pengendara lebih berhati hati ketika melintas di jalur pantura Probolinggo–Situbondo. Selama perbaikan jalan ini, kendaraan harus mengurangi laju kendaraan. Serta bergantian dengan kendaraan lain dari arah berlawanan.

“Untuk pemasangan rambu tambahan akan kami pasang. Karena jalur masih dalam perbaikan. Hal itu akan sangat berguna bagi pengendara, untuk mengurangi terjadinya laka lantas,” ujar Kasatlantas Polres Probolinggo, AKP Ega Prayudi. (lai/saw)