Puasa Ibadah Rahasia?

0
791

Pasuruan (wartabromo.com) – Ibadah puasa Ramadhan memang sangatlah berbeda dan istimewa. Bahkan ibadah puasa disebut-sebut adalah ibadah yang sangat rahasia.

Ustadz A. Faisol Amrullah dari Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Kabupaten Pasuruan dalam kultumnya menyampaikan, ibadah puasa Ramadhan memang sangatlah berbeda dan istimewa. Karena pada hakikatnya, puasa Ramadhan memang untuk mencegah dan menghindari dari segala perbuatan kemunkaran.

Puasa adalah ibadah yang sangat rahasia. Maksudnya, yang tahu dirinya sedang berpuasa hanyalah Allah SWT serta orang yang sedang menjalankannya.

Dikatakannya, berpuasa berbeda dengan solat, ibadah puasa bisa dikatakan ibadah yang tak nampak. Sementara solat adalah ibadah yang tampak.

“Kalau solat kan jelas kelihatan, saat orang sujud, rukuk, itu kelihatan kalau sedang solat,” ungkapnya.

Firman Allah SWT dalam ayat sucinya, Allah mewajibkan seluruh muslim untuk berpuasa Ramadan, sebagaimana diwajibkan orang-orang sebelum kalian.

Barangsiapa yang mengerjakan puasa berdasarkan keimanan, maka akan ada jaminan bahwa Allah SWT akan menjadikan kita orang yang bertaqwa.

Ia mencontohkan, saat seseorang berpuasa ketika masuk rumahnya sendiri dan melihat ada makanan maupun minuman, kalau belum waktunya berbuka pasti tidak akan disantap. Padahal itu makanannya sendiri.

“Makanan sendiri saja tidak dimakan apalagi makanan orang lain. Itulah yang dimaksud Allah akan meningkatkan ketakwaan orang yang berpuasa,” pungkasnya. (ptr/may)