Ini “Perampok” yang Sesungguhnya

0
615

Pasuruan (wartabromo.com) – Perampok merupakan penjahat yang ditakuti dan seringkali bertindak brutal kepada mangsanya. Namun, ternyata ada 4 perampok yang bisa dikatakan jarang mendapat perhatian. Apa sih? Simak yuk!

Pertama, perampok nyawa.

“Ketika ajal datang, maka tidak akan maju atau mundur. Pada saat itu pula kita akan dikembalikan kepada Allah SWT”, Ujar KH. Dumairi Nalim, Asatidz LDNU Kabupaten Pasuruan.

Perampok nyawa ini seringkali tidak mendapatkan perhatian dari kita sebagai umat muslim. Dalam keseharian, manusia selalu sibuk mengejar keindahan dunia. Di antaranya popularitas, kedudukan hingga mengumpulkan harta benda sebanyak-banyaknya agar tak tersaingi oleh lainnya.

Kedua, perampok badan.
Ketika ajal sudah menjemput, kita akan diletakkan dalam liang lahat. Kemudian ditinggalkan sanak famili, orang yang mengenal kita, hingga handai taulan. Disitulah badan yang kita sayangi akan jadi santapan ulat.

Ketiga, ahli waris.
Semua harta akan habis, dan akan dibagi-bagikan ke ahli waris. Saat itu, belum tentu mereka akan mengingat kita.

Ada suatu kisah, ketika Rasulullah Muhammad SAW menanyakan kepada Sahabat, lebih sayang harta sendiri atau harta orang lain.

Sahabatpun menjawab “Tentu saja lebih sayang ke harta sendiri,”. Rasulullah menanyakan, harta mana yang disayang. Sahabat pun menyebutkan semua harta benda yang dimilikinya.

Rasul menjelaskan, jika hartamu diamalkan dan memberikan manfaat kepadamu berupa pahala untukmu, itulah hartamu sesungguhnya. Maka dari itu, gunakan harta yang kita punya untuk hal yang bermanfaat.

Terakhir, perampok keempat, mereka adalah orang-orang yang pernah kita dzalimi selama di dunia.

Dijelaskan, kelak di hari kiamat semua teman atau orang lain yang pernah kita dzalimi, disakiti hatinya akan mengambil pahala-pahala amal kita selama hidup. (bel/ono)