LAPAN Ajak Warga Sempurnakan Arah Kiblat, Ada Apa?

0
1623
Foto : Thomas Djamaluddin, Kepala Lapan RI

Jakarta (wartabromo.com) – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) RI mengajak warga menyempunakan arah kiblat. Hal tersebut supaya arah kiblat lebih akurat, karena disempurnakan dengan bayangan matahari di waktu-waktu tertentu.

Thomas Djamaluddin, Kepala Lapan dalam blog-nya menyebut pemeriksaan ulang kiblat ini karena sebagian besar masjid atau musholla arah kiblatnya ditentukan sekedar perkiraan. Atau mengacu kasar arah kiblat masjid yang sudah ada, dengan menggunakan kompas yang tidak akurat.

“Nah, dengan bayangan matahari pada saat-saat tertentu yang disebutkan dibawah ini, arah kiblat dapat lebih mudah dan lebih akurat ditentukan,” ungkap Thomas.

Saat – saat tertentu yang dimaksud yakni melihat arah matahari pada 26-30 Mei 2019, antara pukul 16.13-16.23 WIB atau 17.13-17.23 WITA.

“Saat itu matahari tepat di atas Mekkah. Saat kita melihat ke arah matahari berarti kita sedang menghadap kiblat. Bayangan benda tegak bisa jadi garis arah kiblat,” ujar akun @Lapan_RI.

Prof Thomas menerangkan, arah kiblat ini ditentukan dari bayangan benda vertical saat bayangan matahari muncul di waktu itu. Misalnya dengan bantuan tongkat, kusen jendela/pintu atau sisi bangunan.

“Beri tanda arah bayangan, misalnya dengan sajadah. Buat garis shaf baru berdasarkan arah yang telah ditentukan,” lanjutnya.

Sementara itu, waktu penyempurnaan arah kiblat ini tidak hanya dilakukan mulai hari ini sampai 30 Mei, namun juga pada tanggal 14-18 Juli pukul 16.27 WIB, atau 17.27 WITA.

Namun untuk daerah Indonesia Timur yang mengalami siang berlawanan dengan Mekkah, maka warga bisa menyempurnakan arah kiblat pada 12-16 Januari pukul 06.30 WIT, atau 27 November – 1 Desember pukul 06.09 WIT.

“Jangan ragu menyempurnakan arah kiblat demi kebenaran,” pungkasnya. (may/ono)