Ini Prediksi 2 Titik Kepadatan di Tol Surabaya-Gempol saat Arus Mudik

1917

Gempol (wartabromo.com) – Ada dua titik kepadatan kendaraan yang diperkirakan terjadi di Jalan Tol Surabaya-Gempol pada arus mudik Lebaran 2019. Titik tersebut yakni Gerbang Tol (GT) Sidoarjo 2 dan GT Kejapanan.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengaku telah memiliki strategi untuk mengantisipasi kepadatan ini.

“Apabila terjadi antrean panjang di GT Sidoarjo 2, maka arus lalu lintas dialihkan melalui GT Sidoarjo 1 bagi kendaraan yang menuju arah Porong,” ujar Bagus Cahya AB, Pjs Generan Manager Jasa Marga Cabang Surabaya-Gempol.

Sementara jika kepadatan terjadi pada GT Kejapanan Utama, maka aka nada pengaturan lalu lintas. Nanti akan ada pembagian transaksi pada arah masuk maupun keluar dengan sistem buka tutup.

Baca Juga :   Serobot Lahan Tol Paspro, Sutiha Dipolisikan

“Strategi lain ialah memfungsikan mobile reader atau alat pembaca kartu tol yang bisa dibuat berkeliling untuk meningkatkan kapasitas transaksi,” lanjutnya.

Beberapa fasilitas telah dilengkapi oleh PT Jasa Marga untuk Lebaran 2019 ini. Diantaranya menambah gardu operasi (GT Kejapanan, GT Waru Utama, GT Sidoarjo 2).

Bukan hanya itu, ada sekitar 29 unit mobile reader yang melayani top up di tiga titik GT, hingga adanya rest area.

“Kami juga akan menghentikan pekerjaan proyek H-10 sampai H+10 untuk meminimalisir gangguan, mengatur waktu operasi angkutan barang oleh Kemenhub, menempatkan petugas di lokasi rawan kepadatan, dan meningkatkan kapasitas lajur dengan contra flow,” pungkasnya.(may/ono)

Baca Juga :   Sempat Kabur, Sopir Truk yang Tabrak Dua Siswi di Gempol Menyerahkan Diri

Sumber : Antara