Rawon Favorit Ani Yudhoyono dan SBY Ada di Probolinggo

12942

Probolinggo (wartabromo.com) – Keluarga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah seminggu yang lalu ditinggalkan oleh Kristiani Herawati atau Ani Yudhoyono. Pasangan SBY dan Ani Yudhoyono ternyata merupakan penggemar berat rawon. Salah satu rawon favoritnya adalah Rawon Nguling khas Kabupaten Probolinggo.

Dari informasi yang disampaikan Rofiq Ali Pribadi, pemilik Warung Rawon Nguling, pasangan ini sering mampir dan makan rawon jika ada kunjungan ke daerah timur. “Lupa saya, kapan beliau berdua pertama kali makan rawon di tempat kami. Tapi sering sekali. Seingat saya, sebelum Bapak SBY belum jadi presiden, namun sudah menjadi jenderal,” tuturnya kepada wartabromo.com, Sabtu (8/6/2019).

Rawon Nguling terhidang dicampur nasi dan irisan daging sapi dengan sambal terasi dan taoge pendek sebagai pelengkapnya. Kuah rawonnya agak encer kecokelatan karena ada bumbu kluwek, bumbu khusus untuk campuran rawon.

Terasa segar dimakan panas-panas dan daging sapinyanya sangat empuk. Letak warungnya ada di jalur pantura Probolinggo-Surabaya Desa Tambak Rejo, Kecamatan Tongas.

Haji Rofiq, begitu disapa, menuturkan ada kenangan tersendiri kepada Ani Yudhoyono dan SBY. Yang paling diingatnya adalah ketika pasangan ini berkunjung ke Bromo dan kemudian makan rawon di tempatnya.

“Beliau berdua memesan sendiri rawon yang ingin dimakan. Padahal waktu itu sudah jadi presiden,” tuturnya.

Begitu terkesan kepada pasangan yang menikah pada 43 silam itu, diabadikan dalam foto-foto oleh Haji Rofiq. Begitu masuk warung, foto-foto Presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang pernah makan di tempat tersebut jadi pajangan utama di hiasan temboknya. “Kami sangat kagum dengan kepribadian beliau. Turut berdukacita atas meninggalnya ibu Ani,” kata lulusan teknik arsitektur ini. (saw/saw)