Permudah Warga, BPJS Kesehatan Buka Pelayanan di Kenduren Mas

654

Winongan (wartabromo.com) – Berbagai pelayanan masyarakat dihadirkan oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan dalam Kendaraan Urun Rembuk Masyarakat (Kenduren Mas). Salah satunya stand BPJS Kesehatan.

Pelayanan BPJS Kesehatan, di antaranya pendaftaran baru perorangan maupun tambahan anggota keluarga, cetak kartu, maupun pelayanan informasi dan keluhan. Berbagai pelayan itu diberikan oleh petugas BPJS Kesehatan saat program Kenduren Mas.

“Cukup banyak yang minat, baik yang hanya mencari info tentang bagaimana cara pendaftarannya maupun langsung mendaftar,” ujar Ariyanti, Kepala BPJS Kesehatan Pasuruan saat Kenduren Mas, di Lapangan Bandaran Kecamatan Winongan, Kamis (13/6/2019).

Namun, menurut Ariyanti, banyak warga yang mengurus BPJS Kesehatan mandiri, masih salah persepsi. Warga mengira, pelayanan BPJS di Kenduren Mas merupakan jaminan sosial yang diberikan pemerintah secara gratis.

“Banyak yang mengira ini pelayanan seperti yang diberikan Dinsos, padahal berbeda,” imbuhnya.

Maka, petugas pun memberikan penjelasan dan mengarahkan kepada warga yang akan mengurus bantuan sosial seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS) agar ke stan Dinsos.

Walau begitu, warga Winongan cukup banyak yang berkonsultasi mengenai tata cara pendaftaran BPJS Kesehatan mandiri yang tersedia di program Kenduren Mas ini.

Lukman Fais, salah seorang warga Winongan yang datang untuk mendaftar BPJS Kesehatan mengaku sangat terbantu dengan hadirnya program pelayanan jemput bola ini.

“Sangat terbantu, apalagi langsung hadir di dekat daerah tempat tinggal saya. Jadi tidak perlu jauh-jauh,” ungkap Fais.

Diketahui, program Kenduren Mas merupakan program unggulan Pemkab Pasuruan dengan menyediakan pelayanan terpadu kepada masyarakat secara jemput bola. Dengan begitu warga pun bisa memanfaatkan pelayanan ini. (ptr/**)