Lowongan CPNS 2019 di Depan Mata, Siapkan Dulu Persyaratannya

35928
Ilustrasi Penerimaan CPNS.

Pasuruan (wartabromo.com) – Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memastikan adanya lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 ini. Oleh karena itu, baiknya Anda mulai mempersiapkan beberapa persyaratannya.

Dilansir dari CNBC Indonesia, Kementerian PAN-RB telah meminta usulan kebutuhan CPNS ke Kementerian/Lembaga dan Pemda. Usulan tersebut paling lambat akan disampaikan pada minggu kedua Juni 2019.

Kepastian inipun juga disampaikan oleh Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Pasuruan Iswahyudi. Ia mengatakan, telah ada permintaan dari BKN dan Menpan terkait kebutuhan formasi di daerah.

“Sudah ada permintaan dari BKN dan Menpan terkait kebutuhan formasi di daerah.Jadi dapat dipastikan aka nada penerimaan CPNS kembali,” ujar Iswahyudi, Sabtu (15/6/2019).

Kebutuhan CPNS tahun ini dikatakan tetap memprioritaskan guru, tenaga kesehatan, non kesehatan maupun tenaga ahli dan administrasi.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) pun telah mengumumkan jumlah lowongan CPNS yang dibuka pada tahun ini, yakni mencapai 254.173 lowongan, baik untuk alokasi di pusat maupun daerah.

Sebelum melamar ke instansi yang dituju, pastikan untuk mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Berikut syarat dokumen untuk mengikuti penerimaan CPNS:

  1. Kartu Keluarga
  2. Kartu Tanda Penduduk
  3. Ijazah
  4. Transkrip Nilai
  5. Pas Foto
  6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar termasuk SKCK

Apabila telah ada pengumuman resmi, maka pelamar harus masuk terlebih dahulu ke portal SSCN. (ptr/ono)