Berkah Tahun Ajaran Baru, Omzet Konveksi Seragam Sekolah Meningkat Tajam

835

Pasuruan (wartabromo.com) – Momentum tahun ajaran baru membawa keberkahan tersendiri bagi pelaku usaha konveksi seragam sekolah. Omzet pun meningkat tajam dari hari-hari biasa, bahkan mencapai lebih dari 100 persen.

Iin Sunaifah, salah satu pemilik usaha konveksi di Kota Pasuruan, mengaku meraup untung berlipat ganda saat momen tahun ajaran baru seperti ini.

“Ya bisa dikatakan kalau hari biasa omzetnya 1 juta kalau tahun ajaran baru seperti ini berlipat jadi 4-5 juta per harinya,” ujar pemilik Konveksi Top Jawa yang berlokasi di Jalan Erlangga, Kota Pasuruan ini, Senin (17/6/2019).

Diceritakannya, puncak keramaian pembeli yang datang ke tempatnya itu yakni pada H-7 menjelang masuk sekolah. Bahkan, pembeli rela antre panjang hanya untuk membeli seragam sekolah di Konveksi Top Jawa.

“Biasanya H-7 sebelum masuk sekolah itu ramai sekali sampai antreannya panjang di depan rumah saya ini,” imbuh Iin.

Usaha konveksi yang dirintisnya sejak Tahun 1986 itu bukannya tak pernah menemui kendala. Menurut perempuan yang telah memiliki 18 karyawan itu, dirinya pernah mengalami kesulitan modal hingga ia terpaksa berhutang dulu kepada kerabat.

Lambat laun, usaha konveksi mantan perawat inipun mulai dikenal dan menarik minat banyak pelanggan. Tak hanya dari Pasuruan Raya, pelanggannya pun datang dari luar daerah seperti Kalimantan dan Batam.

“Yang datang ke sini kebanyakan beli satuan, tapi ada juga pesanan dari instansi sekolah,” tambahnya.

Sofiyah, salah satu pembeli dari Kelurahan Bukir, Kota Pasuruan mengatakan, dirinya sengaja membeli seragam langsung ke konveksi daripada membeli ke pasar untuk mendapat harga yang lebih miring.

“Dapat rekomendasi dari gurunya cucu saya katanya di tempat ini lebih murah, ternyata memang benar di sini murah,” ungkap Sofiyah di sela-sela memilih seragam sekolah untuk cucunya. (ptr/may)