Hore! 3 Bayi Bison Eropa Lahir di Taman Safari Prigen

3002

Prigen (wartabromo.com) – Lembaga konservasi dan wisata Taman Safari Prigen di Kabupaten Pasuruan berhasil melakukan perkembangbiakan bison Eropa. Hewan yang mulai langka ini melahirkan 3 bayi yang lucu dan alami, tanpa bantuan dari keeper dan dokter.

Masuk di kawasan Eropa-Amerika, terlihat bison dewasa beserta bayinya ini sedang mencari makan. Bayi bison ini selalu mengikuti induknya, sembari belajar memakan rumput dan buah yang disediakan oleh keeper. Para pengunjung yang datang pun tak segan memberikan sayuran seperti wortel kepada bison ini.

Gilang, dokter hewan mengatakan, dalam beberapa bulan terakhir, Lembaga Konservasi dan Wisata di Prigen berhasil melakukan breeding pada bison ini. Pihak konservasi menghindari perkawinan sedarah, sehingga mendatangkan bison jantan dari Jerman.

“Untuk kelahiran bison Eropa disini itu, kami masih menganut sistem alami. Kawin jantan betina alami, lahirnya alami tidak ada bantuan dari keeper dan dokter,” ungkap Gilang, Selasa (18/6/2019).

Para keeper dan dokter hanya berjaga dan memantau kondisi bison seperti reaksi selama bunting ini. Hasilnya pun memuaskan, ada 3 bayi bison yang lahir dari 3 indukannya.

“Dari 4 betina, 3 berhasil bunting. Yang satu masih menunggu, sedang bunting. Total ada 11 ekor bison,” ujarnya.

Dari data lembaga konservasi, saat ini bison Eropa mengalami penurunan populasi di alamnya. Penyebabnya perburuan liar yang diambil dagingnya, dan juga semakin sempitnya alam tempat tinggal bison. (may/ono)