Mela, Petarung Cilik Asal Pasuruan dengan Puluhan Penghargaan

7345
“Karena memang saya kuat seperti laki-laki, dan seorang petarung tangguh,”

Laporan : Akhmad Romadoni

OLAHRAGA karate biasanya digeluti oleh laki-laki dan diminati oleh para kaum remaja. Tapi tidak dengan anak berusia 13 tahun ini. Sebut saja, Reviera Meylandri Putri Iswahyudi asal Perumahan Gardingrejo, Kota Pasuruan. Ia terbilang sangat menyukai karate.

Di usia yang masih sangat muda, Mela -panggilan akrabnya- telah meraih puluhan penghargaan yang didapat dari beberapa kejuaraan di level daerah maupun Nasional. Padahal, penghargaan ini tidak mudah diraih oleh bocah perempuan seusianya.

Anak perempuan dari 3 bersaudara ini adalah atlet yang sering mendapatkan juara di tingkat Jawa Timur dan Nasional. Mela sering mengikuti kejuaran karate, khususnya kelas pemula. Ia pun berani mengikuti kejuaraan Piala Wali Kota Pasuruan, Piala Kapolda Jatim dan Piala Kapolri.

Di lingkungan keluarganya, ia memang dikenal cepat berinteraksi dan sering mencari tahu tentang beberapa cabang olahraga. Heri Iswahyudi, Ayah Mela mengakui, anak pertamanya ini sedari kecil menyukai olahraga.

“Mela memang anak yang cekatan dan nggak bisa diam, seperti anak laki-laki,” ungkap Heri, kepada wartabromo.com.

Tak ayal, siswi yang duduk di bangku Sekolah Dasar ini menjadi primadona di keluarganya. Karena di usia muda, Ia mampu membanggakan kedua orangtua, dari prestasi yang selama ini didapatkannya.

Terakhir, Siswi dari SDN Bangilan Kota Pasuruan tersebut mendapatkan juara 1 di Kejuaraan Nasional Inkanas (Piala Kapolri VIII 2019) di Padang, Sumatera Utara, pada 8-10 Maret 2019 lalu. Hebatnya, di Piala Kapolri tersebut Mela mendapatkan 6 emas sekaligus dari beberapa kelas yang dilombakan. Saat itu, Mela harus bertaruh dengan 170 peserta karate kelas pemula.

Kegemarannya di cabang olahraga karate, dikenalinya sejak kelas 3 SD. Murni kemauan sendiri, karena memang Ia ingin menjadi atlet karate.

“Karena memang saya kuat seperti laki-laki, dan seorang petarung tangguh,” tandas Mela.

Tergabung di tim JKS (Jatim Karate Satu) membuat Mela sudah kenyang mengikuti puluhan kejuaran di Kejurda dan Kerjurnas. Satu impian yang sekarang sedang Ia kejar. Yakni menjadi bagian atlet timnas Indonesia untuk mewakili Pasuruan di kancah internasional.

“Saya juga ingin menjadi pemain Timnas Indonesia,” kata Mela.

Selain cabang olahraga karate, Mela juga melakoni hobi terbilang ekstrem lain. Seperti tinju, renang dan lari. Memang dasar Mela, gadis berprestasi. Di 3 cabor itu, Ia juga sering menyabet juara.

Dalam waktu dekat ini Mela akan mengikuti kejuaraan Internasional di Piala Wali Kota Surabaya pada bulan Juni 2019.

Semoga menang ya Mela! (*)