Bahaya di Balik Kenikmatan Bakso

20319

Pasuruan (wartabromo.com) – Siapa yang tak kenal Bakso? Makanan olahan daging giling ini selalu menjadi penganan alternatif bagi sebagian orang.

Eits, tunggu dulu. Bakso memang sangat menggugah selera makan. Tapi, jika mengonsumsinya berlebih, gak baik juga lho buat kesehatan.

Kali ini Dokter Spesialis Gizi Klinik, Raissa E Djuanda, dalam viva.com menjelaskan, dalam satu porsi bakso, mengandung sekitar 100 miligram (mg) kolesterol. Padahal, American Heart Association mengungkap, batas kolesterol dalam sehari adalah 200 mg pada orang berisiko. Sedangkan pada orang tak miliki risiko, batasnya 300 mg.

“Apalagi baksonya diberi tambahan jeroan, akan meningkatkan kolesterol,” ujar Raissa.

Dijelaskan, dalam satu mangkok bakso, diperkirakan mengandung 370 kalori. Belum lagi tambahan mie, bihun, tahu goreng, kalorinya bisa mencapai 500 kalori.

Baca Juga :   Gemar Bersepeda Bikin Selangkangan Lecet? Begini Cara Mengatasi

Waduh, banyak juga ya!

Bisa berisiko obesitas nih, kalau makan bakso berlebihan.

Dengan kalori yang begitu tinggi, bakso bisa menjadi hidangan utama, sebagai sumber energi untuk beraktivitas sehari-hari. Buang jauh-jauh anggapan bakso merupakan makanan selingan.

Selain risiko kolesterol dan obesitas akibat makan bakso terlalu sering, hipertensi juga menjadi ancaman jika tak bijak dalam mengkonsumsi makanan berkuah ini.

Raissa berpesan, bagi para penikmat bakso, sebaiknya tidak makan lebih dari satu porsi bakso dalam sehari. Batasi juga jumlah bakso yang masuk dalam perut. Maksimal, 6 butir bakso ukuran sedang dan perbanyak tambahan sayur.

So, boleh makan enak, tapi tetap memperhatikan kesehatan ya Bolo. Apapun yang berlebihan itu tidak baik. (bel/may)