Bismillah, 445 Calhaj Kabupaten Pasuruan Kloter 24 Berangkat

1318

Pohjentrek (WartaBromo.com) – Calon Haji dalam kelompok terbang (Kloter) 22 dan 23, telah berangkat. Kini giliran 445 jemaah termasuk kloter 24 asal Kabupaten Pasuruan, menuju Makkah.

Ratusan tamu Allah tersebut diberangkatkan langsung oleh Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf dari depan Kantor PCNU (Pimpinan Cabang Nahdhatul Ulama) Kabupaten Pasuruan, Warungdowo, Kecamatan Pohjentrek, Minggu (14/07/2019) pagi.

Dari pantauan, para jemaah diberangkatkan pukul 06.45 WIB, ditandai kumandang adzan oleh Ustadz Anwar Zein.

“Dengan mengucap Bismillahhirrohmaniirohim, secara resmi saya berangkatkan para jemaah calon haji Kabupaten Pasuruan,” ucap Bupati Irsyad, memberangkatkan jemaah.

Irsyad ucapkan doa agar para jemaah dapat melaksanakan seluruh rukun haji dengan lancar dan tumakninah. Dapat kembali ke tanah air dengan predikat baru, yakni Haji Mabrur.

Baca Juga :   90 CJH di Pasuruan Dinyatakan Mundur

“Saya juga berdoa agar seluruh jemaah calon haji Kabupaten Pasuruan semuanya diberikan keselamatan sampai kembali ke keluarga masing-masing secara utuh,” katanya.

Tak hanya berdoa untuk kelancaran rukun haji, pria yang akrab disapa Gus Irsyad itu juga mengimbau kepada para jemaah agar menjaga kesehatan selama berada di Makkah maupun Madinah. Hal itu dikarenakan saat ini cuaca di Makkah Madinah cukup panas.

“Semoga Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan kepada semua jemaah calon haji Kabupaten Pasuruan. Insya Allah semuanya sehat, selamat dan kembali ke tanah air menjadi Haji yang Mabrur, Amin Ya Robbal Alamin,” .

Diketahui, total jemaah Kabupaten Pasuruan yang berangkat haji tahun ini mencapai 1.377 orang. Ribuan jemaah tersebut terbagi menjadi 4 kloter, yakni kloter 22, 23, 24 dan 72. Untuk kloter 22 dan 23 diberangkatan dari Komplek Perkantoran Pemkab Pasuruan, Jl Raya Raci Bangil, Sabtu (13/07/2019).

Baca Juga :   Tangis Haru Tantri Iringi Pelepasan 794 Jamaah Haji

Sedangkan kloter 24 diberangkatan sehari setelahnya, yakni Minggu (14/07/2019) pagi dari Kantor PCNU Kabupaten Pasuruan, Warungdowo. Dan kloter 72 berangkat tanggal 31 Juli mendatang. Ketika berada di Asrama Haji Sukolilo, jemaah akan diberikan juga 1.500 riyal untuk uang saku selama di Makkah dan Madinah.

Dalam prosesi pemberangkatan, hadir di antaranya Wakil Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron beserta istri dan Nyai Hj Zakiyah Imron; Ketua DPRD, Sudiono Fauzan; Rois Surya PCNU, KH Muzakki Birrul Alim; Ketua PCNU, KH Imron Mutamakkin; Ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kabupaten Pasuruan, KH Nurul Huda; hingga Ketua TP PKK, Ny Lulis Irsyad Yusuf. (mil/ono)