Jangan Disepelekan! Kebiasaan Mengucek Mata Bisa Merusak Penglihatan

325

Pasuruan (wartabromo.com) – Mulai hari ini, Senin (15/7/2019) seluruh aktivitas sudah kembali normal, termasuk kegiatan belajar mengajar di sekolah. Arus lalu lintas mulai padat kembali, tak jarang ketika di perjalanan, debu sering mampir dan bikin kelilipan.
di

Nah, kalau kelilipan, apa yang bakal dilakukan? mengucek mata?

Ya, kebanyakan mereka yang kelilipan, mata lelah, atau mata dirasa tak nyaman, akan dikucek. Mungkin itu salah satu kebiasaan yang banyak dinilai benar dan solutif, namun ternyata banyak membawa efek jangka panjang.

Beeran Meghpara, ahli bedah di Wills Eye Hospital, menyebutkan, ada alasan dibalik nyamannya mengucek mata. Ini lantaran ketika mengucek mata dapat menyebarkan cairan mata ke permukaan mata. Sehingga, mata menjadi nyaman dan licin.

“Ketika pelupuk mata ditekan, mata akan mengeluarkan cairan minyak,” tutur Meghpra dinukil dari kompas.com.

Namun, menurut Meghpra, itu bukan hal terbaik yang bisa dilakukan. Sebab, mengucek mata, dapat menimbulkan penyakit serius pada kornea atau dikenal dengan keratonokus. Ini merupakan kondisi dimana kornea menjadi lemah dan kehilangan bentuk. Bahkan dalam jangka panjang, menjadi penyebab rusaknya penglihatan.

Waduh, cukup serius ya ternyata. Lalu apa yang seharusnya dilakukan ketika mata terasa tak nyaman?

1. Menangis

Boleh menangis betulan, atau menggunakan air mata buatan. Pilih formula sesuai keinginan, gel atau salep. Tapi, hindari produk yang malah membuat mata merah dan memicu iritasi.

Jika harus menggunakan air mata buatan lebih dari dua kali sehari, akibat mata terlalu kering, perlu konsultasi dengan dokter terkait kondisi mata.

2. Kompres

Usahakan untuk menggunakan air hangat menggunakan lap. Kompreskan pada mata bagian atas. Ini bertujuan agar mata terasa segar.

3. Mengobati alergi

Ketika mata terasa gatal, seringkali mengucek mata. Nah, terkadang ini juga disebabkan alergi musiman. Alergi ini, bisa menimbulkan benjolan di dalam pelupuk mata. Jika dikucek, area itu semakin iritasi. Maka dari itu, mengatasi alergi seharusnya dapat mengurangi kebiasaan mengucek mata. (bel/may)