Jalur Probolinggo – Lumajang Macet 7 Jam

3171

Probolinggo (wartabromo.com) – Jalur Probolinggo Lumajang, mengalami macet panjang selama 7 jam. Hal itu lantaran ada truk macet di sebelah utara SPBU Malasan. Namun saat ini, jalur selatan Probolinggo itu sudah kembali normal.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kemacetan terjadi sejak pukul 02.00 Jumat (27/7/2019) dinihari. Disebabkan oleh truk yang as rodanya patah, di utara SPBU Malasan. Akibatnya, kendaraan menumpuk di sepanjang jalur tersebut menuju utara atau Probolinggo. Begitu juga sebaliknya, yang ke arah Lumajang.

“Sekarang sudah lancar, setelah tim urai macet kami terjunkan. Sekitar jam 9 tadi sudah berfungsi normal kembali dua jalur tersebut,” kata Kanit Patroli Polres Probolinggo, Ipda Siswandi, Jumat pagi.

Masih menurut Siswandi, kemacetan tidak hanya disebabkan oleh truk yang mengalami patah as roda saja. Banyak dari sopir truk yang terkena macet, tertidur. Sehingga petugas harus berkeliling satu persatu membangunkan para sopir tersebut.

“Mungkin kelelahan karena macet sejak jam dua dinihari tadi, sehingga tertidur,” imbuhnya.

Selain itu, sembilan anggota Satlantas Polres Probolinggo yang diterjunkan, juga melakukan pengaturan di sejumlah persimpangan. Guna mencairkan kemacetan yang terjadi. Ada sembilan persimpangan, yang dilakukan pengaturan lalu lintas. Di antaranya, simpang Leces, Tegalsiwalan, Banjarsawah dan Malasan.

Siswandi meyebut, jalur tersebut kerap dilanda macet lantaran memang jalur satu-satunya atau tunggal. Tidak ada jalur alternatif yang bisa digunakan untuk pengalihan arus. “Kendaraan lain yang menyerobot, juga jadi penyumbang kemacetan. Sehingga makin parah,” tandasnya. (lai/saw)