806 Formasi CPNS Bakal Diajukan Pemkab Pasuruan

1012

Pasuruan (wartabromo.com) – Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD) telah mengajukan 806 formasi untuk persiapan perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Usulan tersebut telah diajukan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) beberapa waktu lalu.

Henis Widiyanto, Kepala BKPPD Kabupaten Pasuruan mengatakan, sebelumnya pihaknya telah melakukan pemetaan untuk mengusulkan jumlah formasi tersebut. Setelah dilakukan rapat koordinasi, usulan disesuaikan dengan jumlah pegawai yang pensiun tahun ini,

“Kami petakan, kemudian jumlah 806 tersebut yang kami ajukan,” terangnya.

Kendati demikian, pihaknya tak dapat memastikan jumlah tersebut bakal diterima seratus persen oleh Kemenpan RB karena penentuanya tetap ditentukan oleh pemerintah pusat.

Pada formasi CPNS tahun ini tenaga guru lebih banyak dibutuhkan, selain di bidang kesehatan, non kesehatan termasuk tenaga ahli dan administrasi.

Kemenpan RB bakal membuka lowongan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dengan formasi 254.173 lowongan, terdiri dari alokasi pusat 46.425 dan daerah 207.748.

Pembukaan lowongan itu rencananya dilakukan pada bulan Oktober mendatang.
Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur (SDMA) Kementerian PAN-RB Setiawan Wangsaatmadja mengatakan, saat ini Kementerian PAN-RB masih menunggu pengajuan formasi yang dibutuhkan, baik dari pemerintah daerah (Pemda) maupun kementerian.

“Jadi masih ada beberapa yang memang kami melihat terlambat dalam informasi dan seterusnya. Tapi di daerah tersebut masih kekurangan guru. Hal seperti ini yang terus kami klarifikasi, permasalahannya apa dan yang jelas kami punya niatan bagaimana untuk memenuhi kebutuhan guru dan tenaga kesehatan,” kata Setiawan Wangsaatmadja di Kementerian PAN-RB, Jakarta Selatan, Kamis (8/8/2019) seperti dikutip dari detikfinance.com. (ptr/may)