Peduli Pahlawan, Pemuda Pasuruan Upacara di Makam Untung Suropati

1836

Pasuruan (wartabromo.com) – Puluhan pemuda Kota Pasuruan menggelar Upacara Kemerdekaan di makam Untung Suropati, Sabtu (17/8/2019). Upacara ini sebagai bentuk kepedulian pemuda terhadap perjuangan para pahlawan khususnya di Kota Pasuruan.

Sejumlah pemuda tampak memadati area pemakaman Mbah Untung Suropati. Dengan mengenakan pakaian adat dan batik, mereka menggelar upacara kemerdekaan RI ke 74. Upacara ini pun berlangsung khidmat

“Alhamduliah, disini kita ajak pemuda Kota Pasuruan untuk peduli pahlawan yakni mbah Untung Suropati. Maka dari itu kami adakan upacara bendera 17 Agustus,” ujar Dedi Setiawan, peserta upacara dari komunitas JTJ (Jamaah Thorikhoh Janjukiyah).

Upacara ini baru pertama kali dilakukan di sekitar makam Mbah Untung Suropati. Selain melakukan upacara, ada juga persembahan puisi kemerdekaan yang dibacakan oleh salah satu peserta. Dalam puisi itu tersirat perjuangan para pahlawan yang menumpahkan darah demi Kemerdekaan Indonesia.

“Saya bangga karena baru kali ini saya tahu petilasan Mbah Untung Suropati. Harapannya untuk pemuda Pasuruan bisa ikut mengapresiasi kegiatan seperti ini,” ujar Lisa Ina Safitri, peserta dari komunitas pecinta alam.

Sekadar diketahui, para pemuda ini berasal dari berbagai komunitas di kota Pasuruan. Diantaranya Komunitas JTJ, OPA Patas, Seputar Pasuruan hingga pemuda karang taruna. (may/ono)