Ratusan Kepsek hingga Pengawas Sekolah Diganti

8718
Seorang pejabat saat membaca lembar Berita Acara Pengangkatan Sumpah Jabatan, di Pendopo Kabupaten Pasuruan, Senin (19/8/2019).

Pasuruan (WartaBromo.com) – Mutasi besar-besaran pejabat Pemerintah Kabupaten Pasuruan kembali dilakukan. Kali ini, pengangkatan dan perpindahan sepertinya diprioritaskan pada lingkup pendidikan.

Tercatat, secara keseluruhan ada 494 pejabat serentak dilantik dan diambil sumpahnya di Pendopo Kabupaten Pasuruan, Senin (19/8/2019) pagi ini.

Dari jumlah itu, sebanyak 419 guru diangkat menjadi kepala sekolah (Kepsek). Dari keterangan diketahui, kepala sekolah tersebut menyebar untuk sekolah dasar negeri (SDN) dan sekolah menengah pertama (SMP).

Selain itu, 38 pejabat pengawas (struktural) ditambah 29 sebagai pengawas sekolah (fungsional) turut dalam pelantikan dan menandatangani berita acara pengambilan sumpah hari ini.

Henis Widiyanto, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) mengungkapkan, bila hal ini lumrah lantaran pejabat di lingkup pendidikan Kabupaten Pasuruan belum pernah dilakukan pergantian.

“Ada pejabat pengawas itu eselon IV dan juga pengawas sekolah, fungsional,” ujar Henis via seluler.

Sementara, pada waktu yang sama, Pemerintah Kabupaten Pasuruan juga melantik 8 pejabat administrator. Satu di antaranya pergantian Lurah Pagak, Kecamatan Beji.

Baca: Sejumlah Camat Katut dalam Mutasi 333 Pejabat Pemkab Pasuruan

Sekadar informasi, sebelumnya Pemkab Pasuruan juga telah melakukan mutasi pada 333 pejabat pada 10 Juli 2019.

Peningkatan kinerja menjadi satu dasar dan harapan, sehingga jabatan kepala dinas hingga kepala Puskesmas waktu itu dilakukan.

“Mutasi adalah hal yang sangat wajar. Saya tidak akan mengucapkan selamat, tapi marilah kita beristighfar bersama, saling introspeksi satu sama lain,” ucap Irsyad kala itu. (ono/ono)