Serbuk Alumunium Berserakan, Kepala DLH: Saya Belum Tahu

625

Pasuruan (Wartabromo.com) – Temuan serbuk Alumunium berserakan di pinggir jalan raya Raci, Kabupaten Pasuruan belum menemukan titik terang. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan mengaku tak mengetahui terkait hal itu.

“Waduh, saya belum tahu, belum dapat laporan,” ujar Indra Hernandi, Plt Kepala DLH Kabupaten Pasuruan ketika dikonfirmasi wartabromo, Selasa (20/8/2019).

Sekadar diketahui, tumpukan serbuk alumunium itu sudah lebih dari seminggu berada di tepi jalan. Tak ada yang memungut dan tak ada yang mengaku membuang.

Berdasarkan pantauan wartabromo, aluminium powder yang berserakan itu dikemas dalam sak berkapasitas 25 kilogram. Ada sekitar 10 sak yang yang tercecer. Bahkan ada beberapa yang jebol dan berceceran di tanah.

Padahal, katalog Pengawas Obat dan Makanan (POM) menyebutkan, serbuk aluminium berpotensi menimbulkan gas yang mudah menyala tiba-tiba di udara. Bahkan, dalam kondisi lembab, bubuk ini dapat meledak.

Meski bahaya yang ditimbulkan cukup besar, DLH yang belum mengetahui keberadaan serbuk itu akan mencoba menelusuri lokasi dan baru akan menentukan sikap. Mengingat, lokasi pembuangan yang lebih rendah dari permukaan jalan raya dan terhalang ilalang, keberadaan serbuk itu memang tampak samar. (bel/ono)