Resmi! Ibu Kota Indonesia Pindah ke Kalimantan Timur

4230

Jakarta (WartaBromo.com) – Presiden Joko Widodo mengumumkan lokasi ibu kota baru Indonesia. Provinsi Kalimantan Timur resmi menjadi lokasi pemindahan ibu kota baru.

“Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di… sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur,” ujar Jokowi saat konferensi pers melalui Youtube Sekretariat Presiden, Senin (26/08/2019).

Jokowi kemudian mengungkapkan beberapa keunggulan dari daerah ini. Di antaranya minimnya risiko bencana seperti banjir, gempa, tsunami, kebakaran hutan, dan lonsor. Bukan hanya itu, lokasi Kalimantan Timur juga berada di tengah Indonesia.

Lokasi ini juga diklaim berdekatan dengan wilayah perkotaan berkembang seperti Balikpapan dan Samarinda. Kaltim juga memiliki infrastruktur cukup lengkap dibanding daerah di Kalimantan lain.

Baca Juga :   Koran Online 9 Sept : Agya Tabrak Truk Pasir Tewaskan 3 Penumpang, hingga Tronton Nyebur Sungai Lemah Kembar

“Telah tersedia lahan yang dikuasai pemerintah sekitar 180 ribu hektare,” lanjutnya.

Setelah penentuan ini, selanjutnya Pemerintah akan menyelesaikan Rancangan Undang-undang yang akan disampaikan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. (may/ono)