Awas! Dispenser Mengandung Jutaan Kuman

1667

Pasuruan (wartabromo.com) – Dispenser merupakan alat yang bisa air panas atau dingin sekaligus tanpa perlu memanaskan atau mendinginkan terlebih dahulu. Namun, dibalik semua kemudahan itu, banyak yang abai dengan bahayanya.

Dirangkum dari berbagai sumber, salah satu studi, National Science Foundation International, mengungkapkan, setiap satu inci persegi pendingin air pada dispenser ternyata terdapat 2,7 juta kuman. Setelah dilakukan penelitian, ternyata kuman atau bakteri yang ada pada Dispenser terkontaminasi dari saluran air yang kotor.

Ya, sebaik apapun kualitas air galon, jika dalamnya kotor, maka itu tak ada gunanya. Begitu air dimasukkan ke dalam dispenser, akan memasuki saluran atau wadah air yang sudah dipenuhi dengan kotoran, debu, jamur, bakteri, dan kuman.

Baca Juga :   Ini Daftar Makanan Atasi Infeksi Kulit Akibat Banjir

Inilah yang mengundang datangnya penyakit, khususnya saluran pencernaan. Kuman dan bakteri akan semakin bertambah banyak jika saluran air jarang dibersihkan.

Jadi, bila tetap ingin menggunakan dispenser, pastikan melakukan pembersihan secara berkala. Khususnya bagian wadah, mesin pendingin, pemanas, dan saluran air. Ini dilakukan agar menghambat tubuh terpapar bakteri. (bel/may)