Hiu Paus Tutul Terdampar di Pantai Kajaran Lumajang

692

Pasirian (WartaBromo.com) – Seekor hiu paus tutul ditemukan terdampar di tepi Pantai Kajaran, Dusun Kajaran, Desa Bades, Kecamatan Pasirian, Lumajang. Saat ditemukan, hiu paus ini terlihat masih bergerak, sebelum akhirnya mati.

Pada Senin (9/9/2019) sekitar pukul 18.00 WIB salah seorang warga melihat siluet benda besar di tepi pantai selatan itu. Setelah didekati, ternyata benda ini merupakan ikan hiu paus yang terdampar. Saat itu hiu paus masih terlihat bergerak-gerak. Warga kemudian melaporkannya ke Polsek Pasirian.

Saat dilakukan pengecekan oleh petugas, hiu paus dengan panjang 6 meter dan lebar 1 meter ini terlihat sudah mati. Namun, keadaan paus masih segar dan utuh.

“Ini kali kedua saya mendengar adanya paus terdampar di Lumajang. Kali ini ukuran hiu pausnya lebih kecil dari sebelumnya, dan indikasi sementara hiu paus ini terseret gelombang air pasang sehingga terdampar dipesisir pantai lalui mati akibat dehidrasi,” ujar AKBP Arsal Sahban, Kapolres Lumajang.

Petugas kemudian melakukan penjaggan terhadap paus ini. Sembari menunggu pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) yang sudah menerima laporan mengenai hiu paus tersebut.

“Kami akan mengawasi bangkai paus ini agar tidak dieksploitasi oleh warga dan tetap utuh hingga pihak instansi terkait datang guna evakuasi bangkai ikan hiu paus ini,” pungkasnya. (may/ono)