Ini Bedanya Kesemutan Biasa dengan Gejala Penyakit Berbahaya

5364
Ilustrasi Kesemutan

Pasuruan (wartabromo.com) – Siapa yang sering mengalami kesemutan, atau kebas bahkan mati rasa? Pasti banyak yang mengalaminya dan lumrah terjadi, ketika duduk terlalu lama.

Meski cuma kesemutan, bisa jadi itu tanda penyakit lho. Salah satunya adalah Neuropati.

Dikutip dari Viva, Neuropati merupakan gangguan dan kerusakan saraf yang ditandai dengan gejala kebas dan kesemutan. Penyakit ini disebabkan oleh beberapa hal. Antara lain, trauma pada saraf karena aktivitas dan gaya hidup kurang baik, efek samping dari suatu penyakit sistemik, penuaan, dan umumnya disertai kekurangan vitamin B1, B6, dan B12.

Nah, apa bedanya kesemutan biasa dengan tanda-tanda Neuropati?

Salah satu cara mengetahui apakah itu kesemutan biasa atau kesemutan teekait Neuropati adalah dengan jongkok. Jika setelah jongkok dalam waktu cukup lama terasa kesemutan dan kemudian hilang, itu berarti kesemutan biasa.

Sebaliknya, jika setelah posisi jongkok rasa kesemutan makin bertambah, bisa jadi itu Neuropati. Pasalnya, ada yang tak beres dengan saraf. Apabila dibiarkan, kondisi saraf akan semakin rusak.

Maka dari itu, seringlah melakukan aktivitas fisik yang mudah dan bisa dilakukan dimana saja. Selain itu, bila dibutuhkan, konsumsi vitamin neurotropik bisa menjadi pilihan. (bel/may)