Cek Fakta: Relawan Pemadam Karhutla Gunung Arjuno Dikabarkan Meninggal Karena Asap

2197
Kebakaran Hutan Gunung Arjuno-Ringgit. Foto : Jonianto

Prigen (WartaBromo.com) – Kebakaran yang terjadi di hutan dan lahan Gunung Arjuno belum padam. Relawan pemadam kebakaran di Hutan Gunung Arjuno bahkan dikabarkan meninggal dunia akibat terpapar asap.

Sejak beberapa hari terakhir, hutan dan lahan di Gunung Arjuno terbakar. Kobaran api ini terbilang cukup besar dan meluas. Beberapa titik api ditemukan di hutan Gunung Welirang, Anjasmoro hingga Ringgit.

Para petugas pemadam dibantu relawan terus berjibaku memadamkan kobaran api. Seiring berjalannya pemadaman, sebuah kabar melalui grup media sosial Whatsapp berhembus mengatakan bahwa ada relawan meninggal dunia akibat asap kebakaran. Warganet kemudian ramai mencari tahu kebenaran kabar ini.

Ahmad Wahyudi selaku Kepala UPT Tahura Raden Soerjo kemudian angkat bicara terkait hal ini.

“Sejauh ini belum ada ada laporan mengenai peristiwa tersebut,” jelasnya, Sabtu (12/10/2019) kepada WartaBromo.

Namun, Ahmad tak menampik jika petugas kesulitan saat memadamkan api. Selain kondisi lahan sangat kering, medan yang berat dan lokasi titik api sulit dijangkau disebut-sebut menjadi penyebabnya. Ditambah lagi, peralatan yang dimiliki Tim juga sangat terbatas.

“Keselamatan tim tetap menjadi prioritas,” lanjutnya.

Hingga berita ini ditulis, kepulan asap masih terlihat di Gunung Arjuno. Petugas dan relawan berharap supaya hujan segera turun, supaya api di beberapa titik lokasi yang sulit dijangkau bisa segera padam. (trn/may)