Lima Pejabat Terpental di Tahap Awal Seleksi Sekdakot Probolinggo

461

Probolinggo (wartabromo.com) – Sebanyak 5 pejabat dari 15 calon Sekretaris Daerah Kota Probolinggo tercoret dalam daftar. Mereka tersingkir setelah berkas administrasi yang dikumpulkan dinyatakan tidak lengkap.

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Probolinggo, Rachmadeta Antariksa mengatakan, pengumuman seleksi awal sudah keluar pada Jumat sore, 11 Oktober 2019.

Dalam pengumuman itu, ada 10 nama yang lolos dan 5 gagal maju ke tahap selanjutnya. “Ditandatangani oleh Bapak Anom Surahno, selaku ketua pansel dan kepala BKD Jawa Timur,” kata Rachmadeta, Sabtu, 12 Oktober 2019.

Kelima pejabat itu adalah Kepala Disnaker, Wahono Arifin; Kepala DPM-PTSP, Dwi Hermanto; Asisten Pemerintahan, Gogol Sudjarwo; dan Kepala Dinas Perkim Agus Hartadi. Termasuk Rachmadeta Antariksa, kepala BKPSDM, yang gagal lolos.

“Kami sendiri tidak tahu menahu tentang pemeriksaan berkas administrasi pada pendaftar. Kami hanya menerima berkas dan menyampaikan ke Pansel untuk diperiksa. BKPSDM Kota Probolinggo hanya sekretariat yang menerima berkas pendaftaran saja,” kata Deta, panggilan akrabnya.

Sementara 10 nama yang lolos di antaranya Kepala Diskominfo, Aman Suryaman; Kepala Dinkes, drg Ninik Ira Wibawati; Kepala Bappeda Litbang, Rey Suwigtyo; Kepala Disbudpar, Tutang Heru Aribowo; dan Asisten Administrasi Umum Budiono Wirawan.

Lalu, Kepala Satpol PP, Agus Efendi; Kepala Bakesbangpol, Teguh Bagus Sujawanto; Kepala Dinas Perikanan, Sudiman; Kepala Dishub; Sumadi; serta Kepala DP3KB, Sukam.

Peserta yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti tahapan selanjutnya. Pertama, tahapan penilaian (assessment) pada tanggal 14-15 Oktober 2019 di Gedung Assassment Center, kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur di Surabaya.

Setelah itu, mereka akan mengikuti uji gagasan dan wawancara oleh panitia seleksi pada tanggal 23 Oktober 2019. “Namun, lokasinya belum dipastikan di mana,” kata Deta.

Ditargetkan, November mendatang Sekda definitif telah ditetapkan. Saat ini, posisi Sekda Achmad Sudiyanto, Asisten Perekonomian Pembangunan (Asekbang) Kota Probolinggo, sebagai pelaksana tugas (Plt).

Seleksi ini dilakukan setelah dr. Bambang Agus Suwignyo memilih pensiun dini, meninggalkan jabatan Sekda Kota Probolinggo, pada Agustus lalu. (lai/saw)