Peringati Hari Santri, Ratusan Peserta Ikuti Lomba Mading dan Al-Banjari se-Kota Pasuruan

386

Pasuruan (wartabromo.com) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan menggelar peringatan Hari Santri Nasional 2019, di GOR Untung Suropati. Peringatan ini diwujudkan dalam berbagai lomba, baik untuk santri maupun masyarakat umum.

Siti Zuniati, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan mengatakan, kegiatan ini digelar sebagai bentuk semangat para santri.

“Para santri-santri agar lebih semangat di Hari Santri Nasional ini. Indonesia merdeka juga berkat para ulama dan santri ” ujar Zuniati

Ada dua lomba yang digelar pada Sabtu (12/10/2019) ini. Keduanya yakni Lomba Mading (Majalah Dinding) dan Al-Banjari se Kota Pasuruan.

Setidaknya ada 710 peserta dari 71 grup baik dari tingkat umum, pelajar dan mahasiswa ikut memeriahkan lomba Al-Banjari se-Kota Pasuruan. Setiap grup, diberi waktu 6 menit untuk menampilkan sholawat nabi yang akan dinilai oleh para juri.

Juri yang didatangkan dalam lomba Al-Banjari ini juga dari kalangan professional. Diantaranya Mahrus Ali dan Zainul Robit dari Sholawat Farodul Bahiyah Malang dan Ustad M. Munawirul Maqin, pengasuh Al-Banjari Kelurahan Tembokrejo, Kota Pasuruan.

Sementara untuk lomba mading, ada 55 peserta dari 11 grup ditingkat SMP/Mts baik Negeri/Swasta. Berbagai sajian Mading dengan desain menarik, ditampilkan oleh peserta.

Selain berbagai lomba, panitia juga menyediakan stand oleh-oleh dan kerajinan yang di isi oleh muslimat NU di Kota Pasuruan. Peserta maupun warga bisa menyaksikan berlangsungnya lomba, sembari mencicipi berbagai kuliner di stand tersebut.

Sekadar diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh OPD di Kota Pasuruan. Ada juga perwakilan dari Organisasi Masyarakat (Ormas) seperti Abdul Halim, Ketua PCNU Kota Pasuruan dan beberapa tokoh agama setempat. (don/**)