Pemkab Probolinggo Buka Penerimaan CPNS untuk Isi 400 Lebih Formasi Lowong

6458

Probolinggo (wartabromo.com) – Sekitar 400 aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo (Pemkab) Probolinggo pensiun hingga akhir 2019. Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kemudian dibuka, mengisi kekosongan formasi yang ditinggal para ASN.

“Angka pastinya yang akan pensiun, saya kurang detail. Tapi yang pasti di atas 400 orang. Ditambah mereka yang pensiun tahun-tahun sebelumnya, otomatis Pemkab kekurangan pegawai,” ungkap Doddy Nur Baskoro, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat, Senin, 14 Oktober 2019.

Pastinya, ratusan kebutuhan pegawai itu, dikatakan Doddy telah dicatatkan dan diusulkan ke BKN (Badan Kepegawaian Negara) untuk mendapatkan formasi dalam CPNS tahun ini.

Sesuai jadwal dari Pemerintah Pusat, rekrutmen CPNS tahun 2019 dilakukan pada minggu keempat Oktober ini. Selanjutnya, pendaftaran dimulai November, dan seleksi dilakukan pada bulan Desember.

“Tahapan itu bisa mundur. Sampai saat ini, saya belum mendapat pemberitahuan secara resmi berapa jumlah yang dialokasikan ke Kabupaten Probolinggo,” lanjutnya.

Meski belum tahu jumlahnya secara pasti, namun Doddy mengatakan Pemkab Probolinggo akan fokus pada 2 sektor. Yakni sektor pendidikan dan kesehatan.

“Yang menjadi atensi adalah pendidikan dan kesehatan. Sehingga jumlah CPNS yang paling banyak akan direkrut adalah guru dan tenaga kesehatan. Dengan tidak mengesampingkan bidang keahlian lainnya yang dibutuhkan,” kata mantan Kadishub itu.

Berdasarkan sumber dari BKN, rekrutmen kali ini seluruhnya mencapai 197.111. Dengan perincian untuk kementerian/lembaga (K/L) sebanyak 37.854 formasi dan untuk daerah sebanyak 159.257 formasi. (cho/saw)