Heboh, Ribuan Anak Sukaria Bersama 

737

Pandaan (Wartabromo.com)- Temanya memang lomba mewarnai Mamaia. Namun, yang membuat heboh adalah penampilan para bocah cilik yang menghibur di Taman Candra Wilwatikta Pandaan. Mereka tampak berdandan rapi untuk bisa tampil maksimal dihadapan bupati dan ribuan anak KB/TK di wilayah barat Kabupaten Pasuruan, Rabu pagi (16/10/2019).

Perform para bocah TK dan Paud ini beraneka ragam. Ada yang berjajar sambil bawa kentongan dan alat perkusi untuk menyambut bupati.

Mereka membentuk barisan mulai pelataran Candra sampai lapangan. Cukup jauh. Sekitar 100 meter barisannya. Sesampai di lapangan, Bupati dan rombongan dibuat kagum dengan perform dolanan anak. Mereka asyik dengan permainannya.

Permainan khas anak-anak zaman dulu. Ada yang bermain dakonan, bendan, egrang, engklek. Lalu, Ada juga batok, pate lele hingga memindahkan dingklik tanpa menyentuh tanah.

Baca Juga :   Hari ini, Ada Seribu Jemaah di Kota Probolinggo Gelar "Salat Id"

“Ada satu lagi dolanan yang belum. Yaitu uwok atau cuwok. Ituloh kayak neker yang dilepas, atau buat titis titisan. Dan saya mengapresiasi sekali acara hari ini. Acara ini sungguh luar biasa,” ujar Bupati Irsyad Yusuf dalam sambutan pembukaan.

Saat pembukaan, Bupati didampingi Bunda Paud, Lulis Irsyad Yusuf, Kepala Dinas Pendidikan, Iswahyudi, Camat Pandaan, Suwito Adi, petugas keamanan dari Polres dan Kodim serta para pengawas dan pengurus IGTKI dan Himpaudi se Kabupaten Pasuruan.

Sebelumnya, Samsulin Arkhandi, Ketua IGTKI Kabupaten Pasuruan melaporkan jumlah peserta lomba mewarnai hari ini sebanyak 7.099 anak.

Dari jumlah itu, jumlah anak TK mendominasi dengan keikutsertaan 5.956 anak. Sedangkan sisanya 1.143 berasal dari anak Kelompok Bermain (KB).

Baca Juga :   Ribuan Anak KB/TK Bakal Ikuti Lomba Mewarnai Tingkat Kabupaten

“Perkenankan saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mensukseskan acara ini. Terutama para guru dan pengurus Himpaudi dan IGTKI. Dengan jumlah peserta yang disebutkan tadi, membuat acara ini meriah, seru dan luar biasa,” tegas Bupati.

Lomba mewarnai yang diikuti ribuan anak ini sudah dimulai sejak pagi. Mereka sudah diplot dengan nama kecamatan masing-masing.

Agar tidak booring, ribuan anak ini dihibur dengan beberapa penampilan. Hiburan ini membuat ribuan anak bersukaria bersama.

Di sela-sela lomba, para bocah ini juga diajak senam bersama. Menari bersama dengan beragam lagu daerah. Lagu khas anak-anak juga.

Bahkan, beberapa penari cilik kemudian mendekati, menarik tangan dan mengajak beberapa bunda di kursi VIP. Ada bunda Paud, Lulis Irsyad Yusuf, guru seni Bu Sandra, istri Sekda dan beberapa bunda lain.

Baca Juga :   PAUD Ini Kurikulumnya Berbasis Lingkungan

“Kita berdoa semoga anak-anak kita semua tercapai cita-citanya. Yang mereka impikan sejak kecil. Untuk semua guru dan pengurus paud dan TK semua pada sehat, sukses dan berjaya lagi,” tutur Lulis Irsyad Yusuf, bunda Paud kemarin. (day/day)