Cegah Kolesterol hingga Batu Ginjal dengan Batang Pisang

4882

Pasuruan (Wartabromo.com) – Buah pisang menjadi primadona karena mudah ditemukan dan bermanfaat dalam berbagai penyembuhan penyakit. Tak kalah dengan buah, batang pisang ternyata juga menyimpan segudang manfaat lho.

Batang pohon pisang mengandung tanin, gula, vitamin A, vitamin B, vitamin C, saponin, Zat tepung, kalium, serotonin, hidrokitiptamin, dan neropinefrin.

Dengan kandungan nutrisi sebanyak itu, tak salah jika batang pohon pisang memiliki banyak manfaat. Merangkum dari berbagai sumber, setidaknya ada 5 manfaat batang pisang. Yuk simak penjelasannya!

  1. Menyehatkan sistem pencernaan

Kandungan serat baik pada batang pisang dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Selain itu juga dapat membersihkan sistem pencernaan yang menjadi sarang penyakit, hingga memperlancar proses pencernaan.

2. Mengontrol keasaman

Bagi penderita sakit lambung, jus batang pisang bisa jadi alternatif obat lho. Batang pisang dinilai efektif menyeimbangkan kadar asam lambung. Pun juga mencegah terjadinya kerusakan pada dinding lambung.

Dengan begitu, penderita asam lambung tidak akan lagi merasakan perut perih atau panas seperti terbakar dengan minum jus batang pohon pisang secara rutin.

3. Obat diabetes dan kolesterol

Selain dapat mengontrol asam lambung, batang pohon pisang juga mampu mengatur kadar insulin dalam tubuh. Tak ayal, minum jus batang pohon pisang dapat mengobati diabetes. Bahkan, dipercaya dapat menetralisir tensi darah.

Tak hanya itu, kandungan kalium yang tinggi pada batang pisang, juga efektif mengontrol kolesterol dan tekanan darah tinggi.

4. Mencegah batu ginjal

Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh. Ia bertugas untuk menyaring darah. Ketika ginjal tak berfungsi, pasti tubuh akan mengalami gangguan kesehatan yang serius. Contohnya saja, ketika terjadi penumpukan kalsium, akan menyebabkan munculnya batu ginjal.

Nah, untuk mencegah timbulnya batu gunjal, jus batang pohon pisang yang dicampur dengan kapulaga bisa jadi solusi. Ramuan alami itu gunanya untuk melemaskan kandung kemih dan mencegah penyakit batu ginjal. Selain dengan campuran kapulaga, batang pohon pisang juga bisa dicampur dengan jeruk nipis untuk mencegah pembentukkan batu ginjal.

5. Menyembuhkan Anemia

Batang pisang yang kaya vitamin B6 dan zat besi, dapat meningkatkan hemoglobin dalam darah. Maka dari itu, penderita anemia disarankan untuk mengkonsumsi batang pisang.

Batang pohon pisang bisa meningkatkan hemoglobin dalam darah, karena kandungan vitamin B6. Oleh karena itu, bagi penderita Anemia, mengonsumsi batang pohon pisang ini dipercaya bisa menjadi ramuan herbal untuk mengobati penyakit ini.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba? (bel/may)