Begini Cara Aman Berkendara Ketika Hujan

475

Pasuruan (Wartabromo.com) – Hujan mulai mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Pasuruan dan sekitarnya. Jangan sampai hujan menghalangi mobilitas.

Para pengguna jalan, haruslah tetap waspada dan hati-hati saat bepergian. Pasalnya, saat musim hujan membuat jalan sering licin atau bahkan tergenang air.

Nah, berikut beberapa tips yang bisa digunakan supaya tetap aman berkendara saat hujan mengguyur.

Pertama, pastikan kendaraan dalam keadaan yang baik dan layak jalan. Itu berguna untuk mengurangi potensi gangguan akibat kelembapan.

Seperti genangan yang masuk ke motor saat hujan. Cek cengkraman ban agar tak mudah tergelincir saat kondisi jalanan licin.

Lampu utama juga usahakan menyala. Terlebih, sudah ada regulasi agar lampu depan menyala. Hal itu membantu jika jarak pandang terganggu. Termasuk, ketika hujan melanda.

Kedua, selalu kurangi kecepatan laju kendaraan. Adanya batas kecepatan memang dirancang agar pengemudi bisa memacu kendaraan secara ideal. Terlebih, jalan yang dilalui saat hujan, bukanlah jalanan yang biasa dilewati. Kata orang Jawa, “Alon-alon asal kelakon”. Jadi, meskipun perlahan yang penting selamat sampai tujuan.

Selain mengurangi kecepatan, yang tak kalah penting adalah menjaga jarak aman antar kendaraan. Saat kondisi normal, jarak amannya sekitar 2 detik. Nah, kalau sudah musim hujan, gandakan jarak amannya. Lantaran saat ngerem dengan kondisi jalanan basah, pasti memakan lebih banyak waktu.

Terakhir, sederhana tapi penting. Bukan kendaraannya saja yang perlu diperhatikan tapi juga pikiran pengendaranya. Para pengemudi perlu kuasai emosi ketika berkendara.

Sebab, kondisi jalan lebih membutuhkan konsentrasi yang baik dengan keahlian menangani situasi darurat yang baik pula. Jadi, ada baiknya, pengendara harus tetap waspada dan fokus pada apa yang terjadi di sekitar.

Gimana, siap menerjang hujan dengan aman? (bel/may)