BMKG: Hari ini Cuaca Ekstrem Terjadi di Pasuruan, Probolinggo hingga Lumajang

3720

Surabaya (WartaBromo.com) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) perkirakan cuaca ekstrem terjadi di sebagian besar wilayah Jawa Timur. Pasuruan hingga Lumajang, bakal diguyur hujan disertai angin dan petir.

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Timur dan sekitarnya dicatatkan BMKG Juanda, update pukul 06.10 WIB, Kamis, 28 November 2019.

Secara umum cuaca pagi hari Cerah berlanjut dengan berawan, sampai kemudian terdapat hujan lokal dengan kategori lebat. Hal serupa juga diprakirakan pada siang hingga sore, bahkan malam hari.

“Suhu udara 17 – 34 °C; kelembaban udara 50%-95%; Angin, dari Timur-Tenggara dengan kecepatan 05-30 Km/jam,” demikian tiga hal dituliskan BMKG.

Peringatan dini, selanjutnya ditegaskan oleh BMKG, untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada pagi hari di wilayah Kabupaten Probolinggo, dan Situbondo.

Baca Juga :   Lebaran, 39 Wisata Ditutup Bupati Probolinggo

Nah, pada siang hari guyuran hujan lebat bakal dimungkinkan berada di wilayah Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Probolinggo, dan Situbondo.

Sama seperti prakiraan hujan pagi hari di Probolinggo dan Situbondo, hujan siang pada empat wilayah yang dicatat terakhir berpotensi terdapat petir dan angin kencang. (ono/ono)