Trik Jitu Sukses Bisnis ala Sandiaga Uno

394
Sandiaga Uno saat berada di Seminar Zonk Entrepreneurship. Foto : Fison Fahmi.

Lumajang (WartaBromo.com) – Semakin majunya dunia digital, banyak orang mulai meminati dunia usaha. Mulai dari bisnis jual beli barang hingga jasa.

Sandiaga Uno, pengusaha yang juga mantan calon Wakil Presiden ini kemudian menceritakan pengalamannya mendalami dunia bisnis.

“Saya mulai usaha sejak di PHK. Saya juga pernah di-php (diberi harapan palsu, red),” ujarnya saat mengisi seminar Zonk Entrepreneurship di Lumajang.

Dari sanalah Sandiuno mencoba bangkit. Ia mulai menjalani usaha dengan dibantu 3 karyawan yang sekarang sudah berkembang jadi ribuan.

“Berawal dari zonk, sekarang jadi bisa mengembangkan zona baru,” lanjutnya.

Nah, Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini kemudian membagikan 4 tips menjadi wirausaha.

  1. Carilah peluang

Mencari peluang kata Sandiuno bisa berasal darimana saja. Salah satunya dari hal-hal kecil di sekitar kita.

Misalkan mencari tahu minat orang di sekitar kita yang bisa dijual. Pasar yang disasar juga lingkungan kita sendiri.

Nah, peluang tersebut tak hanya soal barang, tapi juga jasa. Sandiuno memulai bisnis dari konsultasi keuangan dengan klien orang sekitar. Lalu saat ini berkembang menjadi perusahaan investasi.

  1. Ambil risiko

“Jangan takut ambil risiko,” ujar Sandiuno.

Saat terjun ke dunia bisnis, pengusaha harus berani mengambil risiko. Kuncinya, pengusaha harus mempelajari secara benar. Nah, setiap langkah yang diambil harus berhati-hati, supaya risiko yang ditimbulkan juga kecil.

  1. Tidak berhenti belajar

Suami Nur Asia ini mengatakan jika pemimpin yang baik merupakan pembaca yang baik. Pengusaha harus selalu mempelajari hal-hal baru. Sebab, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangatlah cepat. Banyak hal baru yang harus segera diketahui oleh pengusaha.

Sandi mengingatkan jika salah satu cara untuk belajar yakni sering membaca buku. Ia bahkan menyarankan untuk membaca buku paling tidak setiap hari meski hanya singkat.

  1. Proaktif – ambil tindakan

Saran terakhir dari Sandiuno yakni pengusaha harus proaktif dalam setiap hal. Pebisnis tidak boleh malas bergerak (mager). Hal ini bisa membuat bisnis menjadi jalan di tempat.

“Generasi milenial jangan PW (mempertahankan posisis wenak, red),” pungkas Sandi.

Berada di zona nyaman boleh saja, namun hal ini tidak boleh terjadi secara terus menerus.

Nah, itu dia beberapa tips dari pengusaha Sandiuno, bolo… Wartabromo juga memberikan peluang untuk bolo Warmo yang sedang mengembangkan usaha.

Disini, Warmo menyediakan wadah untuk membantu pengusaha mengembangkan bisnisnya. Tertarik? Yuk langsung chat atau telpon kami di nomor 0895-3260-40717(may/ono)