Tingkatkan Pemberdayaan Masyarakat, PT Indonesia Power Grati POMU Gelar Pelatihan Membuat Produk Olahan

609

Grati (WartaBromo.com) – PT Indonesia Power Grati POMU mengadakan pelatihan, meningkatkan keterampilan masyarakat, pelaku usaha kecil dan menengah. Kegiatan termasuk bagian program utama CSR (Corporate Social Responsibility) ini dimaksudkan untuk mewujudkan masyarakat lebih berdaya.

Kegiatan peningkatan ekonomi kreatif masyarakat ini digelar di Kantor MWCNU Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan, Selasa (10/12/2019).

Pelatihan berfokus pada keterampilan pembuatan olahan abon ikan, diikuti oleh seluruh pelaku UKM Kecamatan Lekok sebagai mitra binaan CSR PT Indonesia Power Grati POMU.

Turut hadir dalam kegiatan ini Camat Lekok, perwakilan dari Koramil, dan Polsek Kecamatan Lekok. Dalam Sambutannya, Camat Lekok Muhammad Nurcholis -yang juga turut membuka acara pelatihan- menyampaikan apresiasinya.

Menurut Nurcholis, dengan pelatihan ini telah membuka kesempatan terhadap pelaku UKM untuk menambah nilai jual produk olahan. Produk yang dibuat bisa lebih bervariasi, hingga tercipta keunikan pada produk yang dihasilkan.

Di kesempatan yang sama, Perwakilan Tim Community Development Grati POMU, M. Farid berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut. Tentunya pelaku usaha kecil dapat menciptakan produk baru yang memiliki keunikan serta bernilai jual tinggi.

Materi pelatihan pembuatan olahan abon ikan ini disampaikan oleh perwakilan dari Disperindag Kota Pasuruan dengan memilih jenis ikan lele sebagai bahan utamanya.

Ikan lele merupakan ikan yang mudah ditemukan sehingga hal ini tidak menyulitkan warga untuk mendapatkan bahan baku pembuatan abon ikan.

Kelompok mitra binaan yang merupakan warga Kecamatan Lekok ini mengikuti kegiatan dengan antusias. Hal itu terlihat dari banyaknya jumlah warga yang hadir dan turut dalam pelatihan proses pembuatan abon ikan yang digelar PT Indonesia Power Grati POMU kali ini.

Secara keseluruhan, pelatihan dan peningkatan keterampilan pembuatan produk olahan yang memiliki nilai lebih ini, bisa menambah penghasilan dan kesejahteraan. (**/**)