Pemkab Pasuruan Rencanakan Bangun Rest Area di Bukit Dingklik Bromo

477

Pasuruan (WartaBromo.com)– Pemkab Pasuruan merencanakan untuk membangun rest area di kawasan Gunung Bromo, tepatnya di Bukin Dingklik. Tahun depan, rencana tersebut dijadwalkan sudah terealisasi.

Plt. Kepala Dinas Perhubungan, Trijono Isdianto mengatakan, untuk keperluan itu, pihaknya telah mengajukan surat kepada TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru).

Menurut Trijono, pengajuan itu diperlukan lantaran lokasi yang rencananya dibangun berada di kawasan TNBTS. “Sudah kami ajukan untuk pinjam pakai lahannya,” terangnya.

Trijono bilang, rencana pembangunan rest area itu sekaligus menjawab keluhan pengunjung terkait tempat parkir. Utamanya di sekitar Penanjakan. Sebab, lahan parkir yang ada saat ini dinilai kurang representatif.

Padahal, Penanjakan yang memang menjadi salah satu jujugan wisatawan untuk menyaksikan sunrise acapkali berjubel. “Kalau nanti rest area itu ada, kendaraan bisa diparkir di sana,” jelas Triyono.

Sekitar 3 hektare lahan yang diajukan untuk kebutuhan rest area ini. Selain tempat parkir, rest area tersebut juga akan dilengkapi dengan helipad guna memfasilitasi pengunjung tertentu.

Trijono sendiri berharal proposal tersebut disetujui oleh TNBTS. Apalagi, program angkutan gratis dari juanda menuju Bromo juga mulai berjalan. (trn/asd)