Stapa Center dan Sampoerna Ajak Stakeholder Berperan Aktif dalam Pengembangan Desa Wisata

440

Pandaan (WartaBromo.com) – Stapa Center dan Sampoerna gelar Simposium Desa Wisata di Taman Candrawilwatikta, Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Kegiatan ini bertujuan mengajak stakeholder untuk dapat berperan aktif dalam pengembangan desa wisata di Jawa Timur khususnya Kabupaten Pasuruan.

Acara ini mengambil tema “Dinamika Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata.” 150 peserta hadir untuk bertukar ide dalam pengembangan desa wisata ini.

Jauharul Luti Manajer Program Pengembangan Desa Berbasis Masyarakat mengungkapkan, ada 5 Desa yang menjadi desa yang didampingi Stapa center dalam program Dewi Paramastri. Meliputi Desa Podokoyo Kecamatan Tosari, Desa Kalipucang Kecamatan Tutur, Desa Jatisari Kecamatan Purwodadi, Desa Oro-oro Ombo Kulon Kecamatan Rembang dan Desa Jarangan Kecamatan Rejoso.

“Program ini menjadi langkah untuk berkontribusi terhadap upaya Pemerintah Kabupaten Pasuruan dalam mewujudkan Kabupaten Pasuruan Sejahtera, Maslahat dan Berdaya Saing,” ujarnya.

Selain 5 desa ini, Pemkab Pasuruan mempunyai target pertambahan desa wisata menjadi 10 lokasi ditahun 2020.

“Ke depan semoga tidak hanya mendorong desa wisata, tapi perlu apresiasi bagi desa yang sudah mampu mengeksplorasi desanya di sektor wisata,” kata Irsyad Yusuf, Bupati Pasuruan.

Sambutan beberapa tokoh di Simposium terkait Desa Wisata.

Dalam simposium kali ini juga terjalin diskusi yang menarik antara pembicara dan peserta symposium. Mereka saling bertukar pikiran dan gagasan tentang pendayagunaan warga desa, branding desa wisata, dan birokrasi dalam perizinan promosi desa wisata. Harapannya strategi-strategi baru yang di dapat, bisa diterapkan oleh Pokdarwis di desanya masing-masing

Sekadar diketahui, acara ini dihadiri oleh beberapa tokoh. Di antaranya Irsyad Yusuf, Bupati Pasuruan; Direktur Stapa Center, Agus Rahmatullah; Manajer CSR PT HM Sampoerna Tbk, Kukuh Dwi Kristianto.

Selain itu, dan sebagai pembicara Simposium Desa Wisata kali ini menghadirkan Agung Mariyono, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan; Fahmi Adimara, travel influencer; dan Doto Yogantoro, Inisiator Desa Pentingsari, Yogyakarta. (trg/**)