Begini Manfaat Buah Salak yang Belum Banyak Diketahui

3567

Pasuruan (Wartabromo.com) – Beberapa waktu lalu, buah salak banyak dibicarakan di media sosial gara-gara Nia Ramadhani tidak mengetahui cara mengupasnya. Padahal dibalik susahnya mengupas salak, buah satu ini menyimpan banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Buah yang mudah ditemukan di tanah Jawa ini ternyata kaya nutrisi. Mulai zat besi, serat, vitamin A, vitamin C, hingga kalsium.

Tak heran, bila buah berkulit coklat itu memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Wartabromo telah merangkum berbagai sumber tentang apa saja manfaat buah salak.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Berdasar penelitian, buah salak tidak mengandung kolesterol. Sehingga, baik untuk menjaga kesehatan jantung. Tak hanya itu, salak yang kaya akan antioksidan juga dapat membantu tubuh mengatur regulasi air. Pasalnya, regulasi air tubuh memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan jantung metabolisme.

2. Meningkatkan kemampuan mengingat

Siapa sangka, buah satu ini mampu meningkatkan daya ingat. Hal ini tentunya sangat bagus untuk menjaga produktivitas, baik di dalam kelas atau di kantor. Memori baik ternyata bisa dimiliki hanya dengan bantuan buah salak.

3. Mengendalikan kadar gula darah

Bagi penderita diabetes, konsumsi buah salak memang dianjurkan. Pasalnya, salak dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah agar tetap dalam batasan normal.

Tak hanya itu, salak juga mampu meregenysel pankreas. Sehingga, dapat membantu pengendalian kadar glukosa dalam darah.

4. Melancarkan Pencernaan

Pasti pernah mendengar bahwa salak dapat menyebabkan sembelit?

Ternyata, hal itu tidaklah benar. Justru salak dapat melancarkan pencernaan. Manfaat itu diperoleh ketika buah salak dikonsumsi beserta kulit arinya. Pasalnya, kulit ari buah salak mengandung nutrisi padat yang terdiri dari serat, kalsium, tanin, saponin, flavonoid, dan beta karoten.

Sebagaimana diketahui, serat sangat baik untuk mempercepat proses pembuangan zat sisa, racun, dan kandungan lain yang tak dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, pencernaan pun menjadi lancar.

Berbeda dengan tanin. Tanin memiliki efek antimikroba alami dalam usus sehingga bisa diamnfaatkan sebagai obat diare alami.

5. Manfaat salak bisa menjaga kehamilan

Kandungan zat besi pada salak ternyata mampu mencukupi asupan zat besi ibu hamil dan janin lho. Dapat juga dikonsumsi ketika mengalami morning sick. Tapi, konsumsinya harus tetap dalam batas normal. Jangan berlebihan. (bel/may)